UPN Veteran Yogyakarta Kerja Sama dengan Dili Institute of Technology Timor Leste Dukung MBKM

  • Rabu 07 Agustus 2024 , 04:26
  • Oleh : Dewi
  • 1865
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNYK) memperkuat dan melanjutkan kerja sama dengan Dili Institute of  Technology (DIT) Timor Leste dalam implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penguatan kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pada Rabu (7/8) di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung Rektorat UPNYK.

Rektor UPNYK, Prof. Dr. Mohammad Irhas Effendi, M.Si menyambut hangat kelanjutkan kerja sama dengan DIT Timor Leste tersebut.

“Kami sangat senang dengan kehadiran Bapak Rektor DIT Timor Leste dan tim, serta kesempatan melanjutkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan penandatanganan MoU ini,” ujar Rektor UPNYK.

Rektor UPNYK mendorong agar kerja sama dengan DIT Timor Leste ini segera direalisasikan melalui penyusunan implementation agreement atau perjanjian pelaksanaan kerja sama.

Ada sejumlah bidang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menjadi berpotensi menjadi ruang kerja sama bagi UPNYK dan DIT Timor Leste. Rektor UPNYK mengatakan, UPNYK membuka peluang kerja sama terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan program prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Selain itu, UPNYK juga membuka peluang kolaborasi internasional dengan menyediakan beasiswa bagi mahasiswa asing, tidak terkecuali mahasiswa dari Timor Leste. Rektor UPNYK juga mendorong kolaborasi riset pada berbagai bidang, seperti sumber daya mineral, pertanian, pengabdian masyarakat, dan sebagainya.

“Inilah kesempatan-kesempatan yang dalam kerja sama ini, mudah-mudahan tidak dalam waktu lama kita bisa diskusikan apa yang bisa kita laksanakan” imbuh Rektor UPNYK.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor DIT Timor Leste, Dr. Ir. Salustiano Piedade, M.Sc., mengatakan, DIT Timor Leste akan memperkuat kerja sama dengan UPNYK dalam berbagai bidang seperti pengajaran, pengabdian, penelitian, masyarakat, dan publikasi.

“Momentum ini tidak hanya memperkuat hubungan kelembagaan antar universitas, tetapi juga mempererat hubungan antara dosen dan masyarakat kedua negara yang merupakan bagian dari komunitas ASEAN,” tutur Rektor DIT Timor Leste.

Sebagai kampus muda yang berdiri pada 10 Mei 2022 lalu, DIT Timor Leste menyatakan komitmennya untuk terus mengembangkan kualitas kampus dengan mengadopsi praktik terbaik dari berbagai kampus ternama di sejumlah negara, termasuk UPNYK. Dengan demikian, DIT Timor Leste dapat memperkuat perannya dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas di Timor Leste.

“Sebagai institusi pendidikan yang baru, DIT Timor Leste terus mengembangkan kualitas. Kami bertekad untuk terus belajar dan mengadopsi praktik terbaik dari berbagai institusi internasional. Kami sangat harap kerjasama dengan UPN Veteran Yogyakarta bisa meningkatkan kualitas pendidikan di bidang akademik, penelitian, publikasi, dan pengabdian masyarakat,” ujar Rektor DIT Timor Leste.

Penandatanganan MoU antara UPNYK dan DIT Timor Leste ini turut dihadiri oleh Rektor UPNYK dan DIT Timor Leste, para Wakil Rektor UPNYK, para Dekan UPNYK, para Wakil Dekan Bidang Kerja Sama UPNYK, dan pimpinan tinggi universitas.

Penulis: Ulfa

Editor: Dew