6 Strategi Lolos Psikotest

  • 05 April 2021 , 09:07 AM
  • Oleh : Wike Wijayanti
  • 1146
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Bagi kalian  yang akan melamar pekerjaan, psikotes merupakan salah satu fase yang harus dilewati para pelamar kerja untuk mendapatkan posisi yang diinginkan. Hampir semua perusahaan melakukan tes psikologi dalam proses perekrutan mereka. Fase ini membuat banyak orang merasa perlu mencari cara agar lulus psikotes dan mendapatkan posisi yang diinginkannya.

Pada dasarnya, psikotes bertujuan untuk mengetahui seberapa mendalami tentang diri anda, orang tua anda, lingkungan terdekat dan lingkungan terjauh anda, visualisasi anda di hari ini dan di masa depan. Sebagian besar masyarakat kurang menaruh perhatian pada tes psikotest. Kesalahan-kesalahan kecil yang terjadi dalam tes psikotest sering tidak disadari oleh peserta dan akan berakibat fatal, sehingga tidak sedikit pelamar kerja gagal melewati tahap ini. Diperlukan strategi dan tips dalam menghadapi psikotest agar dapat dikerjakan dengan baik dan benar.

Demikian disampaikan DLM. S.J. Desha Setiardi selaku praktisi Corporate HR dan pengembangan SDM pada webinar yang diselenggaran Kelaspraktisi bekerjasama dengan UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), Sabtu (3/4).

Pada webinar “Strategi dan Tips Menghadapi Psikotest”, Desha yang selama ini berkecimpung menangani rekruitmen dan seleksi karyawan di bidang jasa, ritel, pendidikan, dan manufaktur memaparkan materi pentingnya pembelajaran psikotest dalam kehidupan terutama ketika hendak terjun di dunia kerja, strategi dan tips menghadapi psikotest juga dijelaskan secara rinci yang mampu mengundang antusiasme dari para peserta untuk pro aktif ketika webinar berlangsung.

“Anda tidak akan pernah dapat mengatur diri anda sendiri, karena anda adalah kebiasaan anda, anda adalah yang anda ulang ulangi, anda adalah hasil dari pengulangan yang anda lakukan.” Ujar peraih penghargaan Best Performance Leader 2017 : The Best Performance Training Leadership Chief Operating Officer, ParksonRetail Asia.

Bagaimana strategi dan tips dalam menghadapi psikotest agar dapat dikerjakan dengan baik dan benar?

  1. Persiapkan diri minimal 60 menit sebelumnya.
  2. Menjaga stamina dan kesehatan, tidur atau istirahat lebih awal, tidak tidur larut malam, meskipun ada ajakan teman/sahabat.
  3. Membawa alat tulis, jika daring persiapkan wifi yang mencukupi untuk kebutuhan test. Manfaatkan waktu mengerjakan dengan baik.
  4. Percayalah pada Tuhan, maka anda diberikan kepercayaan diri yang kuat.
  5. Jawablah semua ujian dan test yang diberikan dengan penuh kejujuran dan tanggungjawab.
  6. Berdoalah, agar dalam pengerjaan anda dapat focus, konsentrasi, dan mengerjakan test tanpa gangguan.

Mantan Asisten Peneliti Perencanaan dan Pelaksana Keuangan RISPRO LPDP mengatakan pada dasarnya strategi paling mendasar mengerjakan soal psikotes ada 4.

 “Pertama kenali dan pahami soal–soal atau test umum yang anda ketahui. Kemudian cobalah mengerjakan tanpa kunci jawaban. “ katanya

Yang ketiga, seringlah bertanya kepada teman atau rekan yang lolos psikotes bagaimana bentuk soalnya. Terakhir, perkaya diri dengan informasi, pengetahuan baru dan bangunlah wawasan. Terkadang soal-soal psikotes justru terjawab dari luasnya pengetahuan ada mengenal lingkungan. Semoga berhasil !!!(wwj/humas)

Previous Next