7 MAHASISWA UPN "VETERAN" YOGYAKARTA RAIH HIBAH MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA STUDI LANJUT KE LUAR NEGERI DALAM PROGRAM INDONESIAN INTERNATIONAL STUDENT MOBILITY AWARDS (IISMA)

  • 19 June 2021 , 05:35 AM
  • Oleh : Dewi Sukarelawati
  • 1176
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN, YOGYAKARTA - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) meloloskan 7 mahasiswanya ke perguruan tinggi bergengsi peringkat atas kelas dunia. Mereka diterima melalui program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2021 yang di gelar oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dam Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI), Rabu (16/06/2021).

 

Jurusan Ilmu Hubungan Internasional (HI) dan Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) masing-masing meloloskan 2 mahasiswanya.

 

Ketujuh mahasiswa yang mengharumkan nama Kampus Bela Negara di tingkat global itu adalah Ananda Naufal Rifanzha yang akan studi lanjut di Universitas Lancaster di Inggris, dan Agung Sentosa yang akan menimba ilmu di Universitas Pompeu Fabra di Barcelona Spanyol, dari Jurusan HI.

 

Kemudian ada Janendra Favian Maulana yang diterima di Universitas Hanyang Korea Selatan, dan Monica Permata Dewi yang akan berangkat ke Universitas Yonsei Korea Selatan, dari Prodi Ilkom.

 

Selanjutnya ada, Safira Tasya Andrianisa di Michigan State University Amerika Serikat, Rinta Sofia Nurrahmah di National Taiwan Normal University Taiwan, dan Altarariq Welfare Yubaidi di Universitas Pecs Hungaria.

 

Mewakili Rektor UPNVY Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si., Dr. Ir. Singgih Saptono, MT. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UPNVY sangat mengapresiasi prestasi dan usaha yang telah diraih oleh mahasiswa UPNVY, terutama mereka yang berasal dari FISIP, Fakultas Pertanian (Faperta), dan Teknologi Industri yang telah memenangkan Hibah Kompetisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

 

"Jadi tahun 2021 ini total ada 7 mahasiswa UPNVY yang berhasil memenangkan Hibah MBKM untuk meneruskan kuliah di Luar Negeri. Hibah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa UPNVY untuk merasakan atmosfer kuliah di luar negeri. Di berbagai negara seperti Inggris, Taiwan, Korea, dan Spanyol," ujarnya.

 

Patut disyukuri bahwa UPNVY telah memasuki suatu era yang baru dengan menjadi sebuah Universitas Badan Layanan Umum (BLU). Tentunya ini akan memberikan suatu energi yang baru pula kepada segenap civitas akademika UPNVY, untuk bersama-sama membawa UPNVY menjadi salah satu universitas terkemuka di dunia.

 

"Berkat kerja keras dan usaha mahasiswa dan didukung oleh seluruh sumber daya yang ada di Kampus, UPNVY patut berbangga dengan dikirimkannya perwakilan mahasiswa untuk menempuh studi di luar negeri," ungkapnya.

 

Tidak lupa kepada para Dekan diucapkan banyak terima kasih karena setia mendampingi dan selalu memberikan semangat kepada para Mahasiswa. Ir. Mahreni, MT., Ph.D. selaku Dekan FTI UPNVY, Dr. Ir. Budiarto, MP. selaku Dekan Faperta UPNVY, Dr. Dra. Machya Astuti Dewi, M.Si. selaku Dekan FISIP UPNVY, dan Dr. Ir. RR. Rukmowati Brotodjojo, M.Agr. selaku Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa dan Layanan Internasional (BLI) UPNVY, yang telah mendorong dan memotivasi mahasiswa untuk mengikuti Hibah MBKM. Mereka berhasil mencapai babak final dengan menyisihkan peserta dari berbagai perguruan tinggi favorit lainnya sehingga berhak atas Hibah MBKM tersebut.

 

Semoga, perjuangan dan hasil kerja keras mahasiswa untuk bisa mengenyam pendidikan di luar negeri ini, bisa manjadi suatu hal yang menarik, bisa menjadi pengalaman yang beharga, dan dapat menularkan hal-hal positif yang telah didapatkan di sana kepada teman-teman mahasiswa di Indonesia.

 

"Tentunya ini merupakan sebuah energi baru yang bisa membawa UPNVY menuju Universitas Kelas Dunia," imbuhnya.

 

Ananda Naufal Rifanzha selaku perwakilan mahasiswa UPNVY mengungkapkan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan Program Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia yang membuka kesempatan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi bereputasi manapun di dunia.

 

"Ini merupakan kesempatan langka, bisa memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensi di dunia nyata sesuai dengan minat dan cita-cita di universitas ternama di dunia," katanya.

 

Ananda menjelaskan bahwa Program Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa Indonesia untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan, bertukar gagasan dan budaya, serta membangun jejaring dengan teman kuliah, akademisi, dan masyarakat internasional di perguruan tinggi di luar negeri.

 

Melalui program ini mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk berinteraksi dengan mahasiswa internasional, pengajar dan masyarakat setempat di perguruan tinggi luar negeri selain mengikuti berbagai kegiatan budaya di perguruan tinggi masing-masing.

 

Capaian yang diraih ini membuktikan bahwa mahasiswa UPN "Veteran" Yogyakarta bisa bersaing dan meraih prestasi dikancah nasional maupun internasional.

 

“Melalui program Hibah MBKM kami merasa bersyukur bisa lolos dalam program Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia. Kami berharap dapat membawa prestasi lebih baik lagi bagi UPN Veteran Yogyakarta,” katanya

Previous Next