AAU TANAMKAN JIWA KEDISIPLINAN PADA MAHASISWA UPN VETERAN YOGYAKARTA

  • Kamis 18 Agustus 2022 , 03:07 PM
  • Oleh : Dewi
  • 277
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Pembentukan karakter bela negara perlu dipupuk sejak dini. Hal ini menjadi penting agar setiap anak memiliki mental yang tangguh saat menghadapi tantangan, perubahan dan situasi tertentu di masa akan datang.

Turut andil sebagai kampus Bela Negara, Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNVY) melakukan pembentukan karakter terhadap mahasiswa baru angkatan 2022-2023. Kegiatan Outbound Pelatihan Bela Negara UPNVY di Akademi Angkatan Udara (AAU) ini diikuti oleh 1382 mahasiswa.

Kegiatan dalam kemasan Outbond Bela Negara ini akan memberikan sejumlah pelatihan bela negara guna meningkatkan kedisiplinan dan menanamkan karakter yang baik kepada setiap mahasiswa.

"Pertama, anak-anak sekarang mungkin akan terjerumus oleh arus global, sehingga sikap cinta tanah air nya dianggap kurang bagus. Kemudian yang kedua kesadaran berbangsa dan bernegara. Ini kita akui, kalau tidak diberikan landasan yang kuat, mahasiswa itu bisa jadi dia akan akan kurang memperhatikan, dan sikap cinta tanah air akan luntur," kata Setyo Budi Takarina selaku Kepala Biro Badan Layanan Umum (BLU) UPNVY, Kamis (18/8/2022).

Setyo Budi berharap lewat kegiatan ini, dapat menghasilkan mahasiswa yang berkarakter bela negara dan dapat beradaptasi dengan baik di masa mendatang, baik dalam pekerjaan ataupun kehidupan bermasyarakat.

"Harapannya dengan pelatihan outbound bela negara ini mahasiswa punya modal dasar untuk sikap bela negara yang nantinya akan ditanamkan saat ini atau setelah selesai Pendidikan dari UPNVY dan akan menjadi ciri khas lulusan dari UPNVY," ujarnya.

Kepala Penerangan AAU, Sutrisno mengatakan akan memberikan kegiatan terkait kedisplinan, kesigapan dan keberanian untuk menumbuhkan jiwa yang tangguh menghadapi dinamika lapangan yang nanti akan di hadapi setiap mahasiswa di masa depan.

"Mahasiswa ini bagus, dari awal dimulai tadi sudah nampak antusias sekali. Mereka memiliki semangat dan kedisplinan nya berbeda dengan mahasiswa yang lain. Mudah-mudahan dari awal yang bagus ini nanti menghasilkan output yang bagus juga," ujar Sutrisno.

Para mahasiswa akan diberikan pelatihan berupa peraturan baris berbaris (PBB), psikologi lapangan, mind body soul dan lain sebagainya.

Ketua Pelaksana Outbound Pelatihan Bela Negara AAU, Heri menilai mahasiswa UPNVY memiliki semangat dan antusias yang tinggi untuk mengikuti kegiatan ini.

"99,9% saya lihat semuanya sangat semangat untuk mengikuti kegiatan ini. Harapan kami, supaya nantinya mereka dimana pun bertugas, dan berada, seperti apapun mereka mempunyai sikap kecintaan terhadap negara dan bangsa yang sangat tinggi," ungkap Heri.

 

Previous Next