Babak Final Pemilihan Rektor UPNVY

  • Senin 22 Oktober 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1228
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Babak akhir Pemilihan Rektor (Pilrek) UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) digelar Jumat (19/10/2018). Panitia Pilrek UPNVY sudah mengantongi surat ijin tertulis dari Kemristekdikti untuk menggelar tahap akhir Pilrek.

“Kami sudah mendapatkan surat dari Kemristekdikti untuk segera menggelar sidang senat tertutup pada hari ini.” Kata Ramli Sitanggang Ketua Panitia Pemilihan Rektor, saat ditemui di luar ruang sidang, di gedung Rektorat lantai 1, Kampus Condongcatur,

Diakui Ramli, proses pemilihan rektor mundur dari jadwal semula yaitu tanggal 14 Oktober 2018. Hal ini dikarenakan Kemristekdikti masih melakukan konfirmasi rekam jejak ketiga calon rektor yaitu Dr. M Irhas Effendi, Dr. Suharsono, dan Dr. Singgih Saptono.

Sidang Pemilihan Rektor, kata Ramli berlangsung secara tertutup dan hanya diikuti oleh anggota Senat dan perwakilan Menristekdikti yaitu Staf Ahli Menteri Bidang Relevansi dan Produktivitas, Dr.Agus Puji Prasetyo M.Eng.

Dari 34 anggota Senat, tercatat sebanyak 33 yang hadir dan memberikan suara. Sedangkan perwakilan Menristekdikti memiliki bobot hak suara sebesar 35%.

Kemristekdikti, kata Ramli akan mendistribusikan hak suara kepada calon Rektor yang dinilai memiliki integritas dan kapabilitas. Informasi ini diperoleh Kemristekdikti melalui utusannya yang menghadiri penyampaian visi misi bakal calon rektor beberapa waktu lalu.

“Pada sidang ini perwakilan Menristekdikti juga memberikan hak suaranya kepada calon Rektor yang dipilih.” Kata Ramli.

Hasilnya, Dr. M Irhas Effendi mendapatkan perolehan suara terbanyak. Berikutnya Panitia Pemilihan Rektor akan menyampaikan surat berita acara hasil pemilihan kepada Menristekdikti. Proses selanjutnya yaitu pelatikan Rektor yang rencananya akan dilaksankan pada tanggal 24 November 2018. (wwj/humas)