Berikan Pengalaman Riset, BEM FTI Selenggarakan Seminar PKM

  • Senin 15 Oktober 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1053
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Untuk memberikan pengalaman riset bagi mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Industri menyelenggarakan Seminar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Sabtu (6/10). Seminar diselenggarakan di Ruang Laboratorium Organisasi Internasional Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta dengan menghadirkan narasumber Dr. Bambang Sulistyo, S.Pd., M.Eng, dari Universitas Negeri Yogyakarta.

“Manfaat dari Program Kreativitas Mahasiswa untuk memberikan pengalaman riset bagi mahasiswa, meningkatkan kualitas riset ilmiah di Indonesia, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia”, terang Bambang Sulistyo.

Menyinggung tujuan dari PKM, dosen UNY tersebut mengatakan, tujuan PKM untuk memberikan pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi. Di samping itu, juga untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi Pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan, serta berjiwa mandiri dan arif.

PKM dapat memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jwab, membangun kerja sama tim, maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu pengetahuan.

“Selain dapat memberikan pencerahan kreativitas dan inovasi yang berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta mempersiapkan mahasiswa menjadi Pemimpin yang cendekiawan dan berjiwa mandiri san arif, PKM dapat memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerja sama tim, maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu pengetahuan”, jelasnya.

PKM juga dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pendanaan berbasis riset. 

“Yang harus dilakukan segera oleh mahasiswa adalah membaca buku panduan PKM, memilih skema PKM, menemukan ide, memilih dosen pembimbing, memilih anggota PKM, mencari referens, dan segera menulis proposal,” saran Bambang.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Kerja Sama Fakultas Teknik Industri UPNVY, Ir. Mahreni, M.T., Ph.D. menyampaikan kegiatan Seminar PKM yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas Teknik Industri selain untuk memberikan pengalaman riset bagi mahasiswa dan meningkatkan kualitas riset ilmiah di Indonesia juga untuk meningkatkan jumlah mahasiswa yang berminat mengikuti PKM. (BMW-fti)