BUMA EDUCATION PARTNERSHIP DENGAN UPNVY

  • Rabu 05 April 2017 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1427
  • 4 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Dalam rangka Buma Education Partnership, Perwakilan dari PT. Bukit Makmur Mandiri Utama ( PT.  Buma)   Indra Kanoena selaku Direktur Human Resources & General Affair &  Hasan Widjaya sebagai General Manager HR Strategy & Development diterima di ruang sidang lantai 1 oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Singgih Saptono, MT  bersama dengan Dekan FTM, Dekan Pertanian, Ka. UPT Kewirausahaan dan lain lain. Dalam sambutannya Dr. Ir. Singgih Saptono, MT menjelaskan sejarah berdirinya Universitas Pembangunan Nasional  serta perubahan status dari Universitas Kedinasan berubah menjadi Perguruan Tinggi Swasta hingga akhirnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri. Selain itu Dr. Singgih juga menjelaskan tentang jurusan jurusan yang ada di UPN terutama FTM karena yang mendukung dan bersinergi dengan PT Buma.  Selain UPN sebagai universitas bela negara juga merupakan universitas energi dan mempunyai kekuatan tersendiri secara kebumian dan dijelaskan juga beberapa jurusan baru yang ada di UPN yang mulai tahun ini dibuka pendaftaran seperti Teknik Metalurgi, Ilmu Tanah dan Teknologi Informasi dan akan dibuka S3 Teknik Geologi.

Indra Kanoena menyampaikan terimakasih telah diterima di UPN “Vteran” Yogyakarta dengan sangat baik walaupun dari PT. BUMA hanya perwakilan dua orang. UPN tidaklah asing lagi bagi PT. BUMA bahkan  Indra secara khusus mengatakan orang orang dari Yogya yang nota bene berasal dari UPN “Veteran” tentunya paling banyak tahan banting dan mempunyai nilai tersendiri di PT. BUMA bahkan mereka mempunyai paguyupan keluarga BUMA di Yogya, Semarang dan Solo.

Dikemukakan juga PT BUMA dan UPN sudah menjalin kerjasama dalam jangka lama tetapi belum dituangkan dalam kerjasama yang formal sepert MoU misalnya. Serta alumni alumni UPN sangat banyak bekerja di PT. BUMA dan menempati posisi psisi yang penting.

Hasan Widjaya juga menjelaskan keadaan perusahaan, PT. BUMA yang dulunya merupakan perusahaan family dan mulai tahun 1994 berubah menjadi perusahaan profesional dan mempunyai target di tahun 2018  PT BUMA akan memperoleh omset  “One Billion Dollar”

Sedang Dekan Fakultas Teknologi Mineral (FTM)  Dr Suharsono, MT mempresentasikan mengenai kondisi FTM UPN mulai dari Organisasi dan Tata Kerja di FTM hingga moto yaitu Eduacation, Reseach and services serta jurusan-jurusan yang ada di FTM salah satunya jurusan Teknik Lingkungan yang berbeda dengan Teknik Lingkungan pada universitas lain , di UPN Veteran Yogyakarta Teknik Lingkungannya ber konservasi dengan Pertambangan.

Selanjutnya  diskusi atau tanya jawab anatara PT. BUMA dan Pihak UPN, pertama tama DR. Edy Nusanto, Kajur. Teknik Pertambangan menanyakan apa kira kira yang dapat dilakukan di PT. BUMA  misalnya orientasi Industri bagi dosen seperti di Freeport, KPC, apakah di PT. BUMA juga bisa begitu seperti halnya di Freeport dan KPC.

DR. Basuki Rahmad mengemukakan tentang kurikulum apakah kurikulum Teknik Geologi di UPN sudah cocok dengan yang ada dilapangan seperti misalnya ada mahasiswa yang magang ke PT.BUMA sudah match kah antara teori dan praktek?

Dr. Joko Susilo menanyakan ada berapa alumni UPN yang di PT BUMA? Kira kira berapa persen setiap tahun bisa bertambah untuk alumni UPN yang bisa bekerja di sana?

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Purwanto mengungkapkan di ekonomi juga ada pelajaran mineral explorasi apakah bisa dikaitkan dengn program PT BUMA sehingga mahasiswa jurusan Ekonomi juga bisa melihat aktivitas explorasi secara langsung.

Ka. UPT Pengembangan Karier, Ir Dyah Probowati, MT mengungkapkan bahwa PT BUMA adalah salah satu sponshorship workshop pembukaan  Jurusan Teknik Metalurgi di UPN “Veteran” Yogyakarta.

Selama ini juga selalu berpartisipasi di UPN “Veteran” Yogyakarta dalam Job Fair, Recruitment serta pelatihan mahasiswa sebelum wisuda.

Menanggapi usualan dan pertanyaan dari pihak UPN “Veteran” Yogyakarta Indra Konena, Direktur Human Resources & General Affair dari PT BUMA mengatakan akan menampung dan menindaklanjuti usulan yang masuk sesuai kemampuan.