Dukung Program MBKM, Prodi Teknik Geomatika UPN

  • Kamis 21 September 2023 , 02:11
  • Oleh : Dewi
  • 657
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Program “Peduli Sampah” merupakan sebuah bentuk kegiatan dari inagurasi Mahasiswa Teknik Geomatika Angkatan 2022 Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta yang dilaksanakan di Alun-alun Kidul Yogyakarta. Inagurasi sendiri merupakan sebuah tahap pembuktian dari Mahasiswa Teknik Geomatika Angkatan 2022 UPNYK untuk nantinya dapat dikatakan layak melanjutkan mimpi dan cita-cita dari Teknik Geomatika UPNYK.

Tergerak dari rasa prihatin atas sebuah konten sarkas yang diunggah di media sosial mengenai tempat wisata Alun-alun Kidul Yogyakarta (Alkid), tempat yang sedari dulu selalu dikunjungi setiap melancong ke Yogyakarta, kini Alun-alun Kidul terlihat memprihatinkan dengan sampah yang berserakan dimana-mana. Memang tidak akan terlalu terlihat jika hanya melihatnya dengan sepintas saja tetapi jika masuk langsung ke area Alkid maka akan sangat terlihat sampah yang begitu berserakan dan dinilai sudah cukup lama tidak dibersihkan. Hal tersebutlah yang menjadi latar belakang dari dilaksanakannya kegiatan Bersih-bersih Alun-alun Kidul ini.

Ada beberapa Persiapan sebelum memulai kegiatan meliputi perizinan kepada pihak terkait, pemenuhan kebutuhan perlengkapan kegiatan, dan pengiriman undangan ke beberapa komunitas dan organisasi. Seluruh biaya yang dikeluarkan adalah dana pribadi milik Mahasiswa Teknik Geomatika Angkatan 2022 Universitas "Veteran" Yogyakarta. Dana tersebut dialokasikan untuk segala perlengkapan kegiatan seperti sarung tangan karet, kantong sampah, dan alat bantu lainnya. Dana tersebut juga dialokasikan untuk menambah beberapa fasilitas di Alkid seperti tempat sampah, sapu, pengki, dan plang yang berisi himbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan di lingkungan Alkid. Meski begitu, kegiatan tersebut tidak akan terlaksana secara sukses tanpa bantuan dari pihak-pihak lain.

Kehadiran tiap-tiap pihak banyak memberikan dampak untuk kegiatan Bersih-bersih Alkid. Bapak Tri Marjanto (Dalimin) sebagai Koordinator Lapangan Alkid sisi barat yang sudah memberikan perizinan untuk pelaksanaan kegiatan ini, Mahasiswa Teknologi Survei dan Pemetaan Universitas Gadjah Mada Angkatan 2022, Forum Anak Kabupaten Sleman (FORANS), serta mahasiswa aktif Teknik Geomatika UPNVY mulai dari Angkatan 2019-2021 yang turut berpartisipasi dalam kegiatan Bersih-bersih Alkid kali ini.

Hasil kegiatan ini antara lain adalah berhasil terkumpulnya sampah di Alun-Alun Kidul dan sekitarnya dengan jumlah 15 kantong sampah, tersebarnya 8 buah tempat sampah baru di Alkid, serta terpasangnya 4 buah plang di Alkid.

Harapan dari terlaksananya kegiatan ini adalah tidak ada lagi konten sarkas mengenai Alun-alun Kidul, menjadikan Alun-alun Kidul sebagai tempat wisata yang lebih nyaman dengan berkurangnya sampah-sampah yang berserakan, serta Mahasiswa Teknik Geomatika Angkatan 2022 UPNVY bisa dikatakan layak untuk nantinya dapat melanjutkan mimpi dan cita-cita dari Teknik Geomatika UPNYK. (dimas)