Guru Besar UGM Berikan Kiat-kiat Sukses Pengabdian Masyarakat Ke Dosen UPNYK

  • Rabu 20 Maret 2024 , 02:52
  • Oleh : Admin
  • 1554
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Raden Wisnu Nurcahyo saat sesi pemaparannya dalam workshop yang digelar LPPM UPNYK

INFOUPNYK - Pada hari Senin (18/3/2024), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) menggelar Workshop Hibah Eksternal Pengabdian Masyarakat di Ruang Seminar Rektorat UPNYK Lantai 5. Kegiatan bertajuk "Kiat Meraih Hibah Pengabdian Masyarakat" ini diadakan dengan tujuan meningkatkan jumlah dosen di UPNYK yang berhasil mendapatkan hibah eksternal untuk proposal kegiatan Pengabdian Masyarakat.

Salah satu poin utama dalam workshop ini adalah sesi yang dipimpin oleh Keynote Speaker, Prof. Raden Wisnu Nurcahyo, seorang Guru Besar dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Dalam sesi tersebut, Prof. Wisnu berbagi pengalaman dan tipsnya kepada para dosen di UPNYK agar dapat menyusun proposal pengabdian masyarakat dengan baik, serta melewati tahapan-tahapan menuju pengajuan proposal ke Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM), Kemendikbudristek.

Prof. Wisnu menguraikan bahwa penting untuk digaris bawahi dalam program pengabdian masyarakat harus mampu menghadirkan solusi yang terukur dan tepat guna. Proses ini harus dapat menjawab tantangan sebelum penerapan program di masyarakat dan memberikan solusi setelah adanya pengabdian masyarakat

"Solusi dalam proposal pengabdian masyarakat target penyelesaiannya harus terukur dalam kuantitatif, artinya jelaskan kondisi sebelum dan sesudah program pengabdian masyarakat," ungkap Guru Besar Kedokteran Hewan itu.

Dirinya juga menambahkan, wajib menambahkan elemen masyarakat selaku mitra dalam menyusun proposal untuk program pengabdian masyarakat.

"Kemudian jangan lupa partisipasi mitra, seperti apa, contohnya warga (tempat pengabdian masyarakat) misal memberikan waktu untuk ikutserta, warga memberikan tempat untuk eksekusi kegiatan," tambahnya

Workshop ini dihadiri oleh sejumlah dosen dari berbagai fakultas di UPNYK, untuk mendapatkan pengetahuan dan kiat-kiat dalam menyusun proposal, khususnya dalam bidang pengabdian masyarakat. Acara ini menjadi sarana bagi mereka untuk memperluas wawasan dan meningkatkan kemampuan dalam menyusun proposal yang relevan dan dapat menjawab tantangan di masyarakat.

Diharapkan, melalui kegiatan ini, semakin banyak dosen di UPNYK yang mampu meraih hibah eksternal, sehingga mampu meningkatkan kontribusi universitas dalam pengembangan masyarakat secara luas.