Karateka Ini Lolos Jalur Prestasi UPNVY

  • Selasa 11 Agustus 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 2424
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Kebahagiaan terpancar dari wajah Muhammad Jhidan Ramadhan saat dinyatakan lolos pada Seleksi Mandiri Penerimaan Jalur Prestasi di UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), Jumat (7/8/2020) lalu. 

Jhidan bersama sekitar 75 peserta lainnya berhasil lolos seteleh mengikuti ujian yang diselenggarakan secara daring pada tanggal 27 dan 28 Juli 2020. Jhidan sendiri dinyatakan lolos menjadi mahasiswa Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian.

“Alhamdulilah diterima di pilihan pertama. Pilihan kedua saya yaitu Agroteknologi.” Kata alumni SMAN 17 Palembang tersebut melalui pesan singkat.

Putra tunggal Marjoni Khalik dan Ermyati Andika Fitriani tidak menyangka prestasi karate yang diraih saat di bangku sekolah membawanya menjadi salah satu mahasiswa di perguruan tinggi negeri.

Jhidan mengisahkan ia sudah mengikuti olah raga karate sejak di bangku Sekolah Dasar, dan baru bergabung di tim karate daerah pada tahun 2017.

Jhidan yang lahr di Palembang, 01 Desember 2001 tersebut mengisahkan pada awalnya ia dipaksa orang tuan untuk mengikuti latihan karate. Namun seiring waktu, ia justru semakin serius menggeluti bisnis bela diri tersebut.

“Saya sendiri latihannya di ranting Sukabangun, Palembang. Meskipun awalnya disuruh ortu namun sekarang sudah menjadi hoby.” ujarnya

Berbagai prestasi sudah ia raih diantaranya juara 1 pada Pekan Olah Raga Provinsi Sematera Selatan tahun 2017, juara 2 pada Pekan Olah Raga Provinsi Sematera Selatan tahun 2019, dan juara 3 pada ajang MENPORA Cup tahun 2019.

Hal berbeda dirasakan Mohammad Ziddan Fachrirobi, salah satu peserta Penerimaan Jalur Prestasi yang gagal lolos seleksi. Ia yang mendaftar melalui prestasi Hafidz atau hafal Al Qur’an belum berhasil menjadi mahasiswa UPNVY seperti yang ia impikan.

Meskipun gagal, namun Zidan mengaku tetap semangat untuk mengikuti kesempatan lainnya melalui jalur ujian tulis.

Penerimaan Jalur Prestasi merupakan salah satu jalur Seleksi Mandiri yang diselenggarakan UPNVY pada Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2020. Jalur ini diperuntukkan bagi siswa yang mempunyai prestasi di bidang Olahraga, Seni, dan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) di tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

Selain Penerimaan Jalur Prestasi terdapat jalur penerimaaan melalui nilai UTBK dan ujian tulis. Dua jalur tersebut sudah dibuka 23 Juli – 24 Agustus 2020. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui laman pmb.upnyk.ac.id. (wwj/humas)