Kunjungan Dosen dan Peneliti Universiti Teknologi Malaysia ke UPNYK

  • Kamis 26 Oktober 2023 , 10:40
  • Oleh : Dewi
  • 951
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Delegasi Universiti Teknologi Malaysia saat sesi presentasi dari UPNYK. Sumber: HUMAS UPNYK

INFOUPNYK-Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) menerima kunjungan dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Selasa (24/10/2023) lalu. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antar institusi pendidikan tinggi kedua negara, serta membahas peluang kerjasama dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Kepala UPT Bahasa dan Layanan Internasional UPNYK, Dr. Rukmowati Brotodjojo mengungkapkan dalam sambutannya bahwa dirinya merasa bangga UPNYK bisa dikunjungi UTM. Kunjungan ini diharapkan bisa menjadi pintu gerbang untuk bisa berkolaborasi pada kegiatan lainnya.

"Kunjungan ini adalah langkah pertama dalam membentuk kemitraan yang kuat antara UTM dan UPNYK. Kami sangat bersemangat untuk melihat hasil kerjasama yang akan datang di bidang akademik terutama di bidang penelitian," ungkapnya.

Delegasi dari UPNYK, Prof. Nurcholish selaku dosen Fakultas Pertanian memberikan presentasi terkait riset yang sudah dikerjakan khususnya pada bidang green energy dan biomass energy.

Prof. Nurcholish mengatakan bahwa dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir terdapat banyak riset dan kegiatan yang telah ia kerjakan terutama yang berfokus pada pengembangangan green energy sebagai energi terbarukan.

Ia berharap dari kegiatan kunjungan tersebut bisa menjadi tambahan wawasan baginya serta bisa membuka peluang untuk penelitian di bidang energi terbarukan bersama dengan Universiti Teknologi Malaysia tersebut.

Kunjungan ini menandai upaya kedua universitas untuk memperdalam hubungan internasional dan memperluas jaringan kerjasama di bidang riset akademik. Kerjasama ini diharapkan akan memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak dan memberikan peluang baru untuk pertukaran ilmu pengetahuan dan pengembangan akademik di masa mendatang.