Mahasiswa Penyandang Disabilitas UPN Veteran Yogyakarta Dapat Beasiswa dari Pamapersada Nusantara

  • Jumat 18 Oktober 2024 , 04:23
  • Oleh : Dewi
  • 49
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Mahasiswa Penyandang Disabilitas UPN Veteran Yogyakarta Dapat Beasiswa Pama Persada

YOGYAKARTA – Mahasiswa penyandang disabilitas Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menerima Beasiswa Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA) dari PT Pamapersada Nusantara (PAMA).

Wakil Rektor Bidang Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Perencanaan, Dr. Hendro Widjanarko, S.E., M.M., menegaskan bahwa UPN Veteran Yogyakarta sebagai  institusi pendidikan tinggi yang berlandaskan nilai-nilai kebangsaan dan Bela Negara, selalu berkomitmen untuk memberikan kesempatan pendidikan yang setara bagi seluruh anak bangsa, tanpa terkecuali.

“UPN Veteran Yogyakarta memberikan kesempatan yang luas bagi para mahasiswa penyandang disabilitas untuk turut serta dalam menempuh pendidikan di kampus ini,” ujar Wakil Rektor.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor juga menyampaikan apresiasi kepada PT Pamapersada Nusantara atas inisiatif mulia tersebut. Dr. Hendro mengatakan bahwa Beasiswa GOTA PAMA merupakan salah satu wujud nyata dari kepedulian sosial dan komitmen perusahaan dalam mendukung pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk saudara-saudara kita penyandang disabilitas.

“Beasiswa ini tidak hanya menjadi bentuk dukungan finansial, tetapi juga sebagai pengakuan bahwa penyandang disabilitas memiliki potensi besar dan berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk meraih pendidikan tinggi dan mencapai impian mereka,” tutur Wakil Rektor.

CSR Department Head PT Pamapersada Nusantara, Maidi Irvan, mengatakan, melalui bantuan Beasiswa GOTA PAMA ini, harapannya mahasiswa penyandang disabilitas bisa mendapatkan manfaat fasilitas pendidikan yang layak. Manfaat yang diterima meliputi pembiyaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) hingga lulus jenjang Diploma 4 (D4) atau Sarjana (S1), serta biaya pengembangan diri.

“Melalui program beasiswa ini, PT Pamapersada Nusantara berkomitmen untuk terus mendukung layanan pendidikan di Indonesia yang layak dan inklusif tanpa memandang keterbatasan,” tutur Maidi.

Pada 2024, PT Pamapersada Nusantara memberikan beasiswa bagi 12 mahasiswa penyandang disabilitas di enam perguruan tinggi termasuk UPN Veteran Yogyakarta melalui fungsi Corporate Social Responsibility (CSR). Selain itu, anak perusahaan PT United Tractors Tbk dan PT Astra International Tbk. Tersebut, juga menyalurkan tujuh beasiswa di setiap site perusahaan pada tahun ini.

“PT Pamapersada Nusantara sangat mendukung semangat keberagaman dan inklusivitas termasuk dalam dunia pendidikan,” imbuh Maidi.

Selain sumbangan beasiswa, PT Pamapersada Nusantara juga memberikan fasilitas untuk penyandang disabilitas berupa kursi roda yang dapat dimanfaatkan oleh UPN Veteran Yogyakarta.

Untuk diketahui, penerima Beasiswa GOTA PAMA telah memenuhi sejumlah persyaratan. Meliputi, mahasiswa aktif dan merupakan penyandang disabilitas. Selain itu, penerima beasiswa mengantongi IPK minimal 2.50 dari skala 4.00 dan belum menerima beasiswa dari pihak ataupun perusahaan lainnya.

Penerima beasiswa GOTA PAMA juga telah lolos seleksi administrasi berupa CV, transkip nilai akademik, sertifikat pendukung, surat keterangan tidak mampu.