Mahasiswa Teknik Perminyakan UPN “Veteran” Yogyakarta menjadi Delegasi Indonesia dalam Education Week of 7th International Petroleum Technology Conference (7th IPTC) di Doha, Qatar

  • 14 March 2014 , 12:00 AM
  • Oleh : Dewi Sukarelawati
  • 447
UPN VETERAN Yogyakarta

International Petroleum Technology Conference (IPTC) pertama kali diadakan pada tahun 2005, dimana acara ini dilaksanakan secara berkala di kawasan Timur Tengah dan Asia Pasifik. IPTC diorganisir oleh empat organisasi professional, yaitu American Association of Petroleum Geologists (AAPG), European Association of Geoscientists and Engineers (EAGE), Society of Exploration Geophysicists (SEG), dan Society of Petroleum Engineers (SPE).

Pada tahun 2014 ini, IPTC edisi ke 7 dilaksanakan di Doha, Qatar dari tanggal 18-22 Januari 2014 dengan sponsor utama yaitu Qatar Petroleum dan ExxonMobil. Salah satu rangkaian acara dalam IPTC adalah Education Week berupa kegiatan yang dikhususkan untuk mahasiswa-mahasiswi dari seluruh dunia yang berasal dari berbagai bidang keahlian yang masih terkait dengan dunia perminyakan dimana mahasiswa tersebut sebelumnya diseleksi secara internasional, dan akhirnya terpilih 100 mahasiswa terbaik dari 27 Negara untuk menjadi finalis dalam Education Week 7th IPTC. Dua orang mahasiswa dari Program Studi Teknik Perminyakan UPN “Veteran” Yogyakarta, yaitu Edo Pratama (TM-113100058) dan Suhari Rachman Abdillah (TM-113100147) berhasil terpilih menjadi delegasi Indonesia dalam event bergengsi tersebut.

Dalam acara Education Week 7th IPTC terdiri dari Student Group Project, Energy Bee Competition (Petrobowl), Field Trip, dan rangkaian acara lainnya. Dalam Education Week ini, para finalis dibagai kedalam beberapa team dimana satu team terdiri dari sepuluh mahasiswa dari berbagai negara. Setiap team mengerjakan suatu project yang telah ditentukan oleh Panitia IPTC dan didampingi oleh young professional Mentor. Delegasi UPN terbagi dalam group yang berbeda, yaitu Gas versus Coal Group dan Corporate Social Responsibility (CSR) Group. Dalam presentasi akhir dihadapan audience, Edo Pratama dan Suhari Rachman mendapatkan kesempatan untuk menjadi presenter dan mempresentasikan hasil studi group masing-masing. Semoga dengan aktifnya mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta dalam kegiatan bergengsi yang berskala internasional seperti ini, dapat meningkatkan kualitas mahasiswa dan mengharumkan almamater dan bangsa Indonesia di dunia Internasional.

 

(Edo Pratama)

Previous Next