SOSIALISASI THE 6TH GLOBAL FORUM OF THE UNITED NATIONS ALLIANCE OF CIVILIZATIONS (UNAOC)

  • 17 March 2014 , 12:00 AM
  • Oleh : Dewi Sukarelawati
  • 397
UPN VETERAN Yogyakarta

Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia bekerjasama dengan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta menyelenggarakan sosialisasi The 6th Global Forum of UNAOC pada tanggal 13 Maret 2013, pukul 10.00 – 13.00 WIB di Ruang Seminar FISIP UPN “Veteran Yogyakarta.

Acara dihadiri oleh 250 peserta, terdiri dari pejabat pemerintah daerah, akademisi dan mahasiswa se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara dibuka secara resmi oleh Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta, Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti,M.Sc.

Direktur Diplomasi Publik Kementrian Luar Negeri RI, Al Busyra Basnur, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman yang lebih baik megenai rencana penyelenggaraan The 6th Global Forum of the United Nations Alliance of Civilizations di Bali pada tanggal 28 – 30 Agustus 2014 dan kepentingan Pemerintah Indonesia di forum tersebut. Sebagai negara multikulturalis serta negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia yang demokratis dan aktif dalam mempromosikan Dialog Lintas Agama baik secara bilateral dengan 22 negara maupun secara regional di antaranya melalui ASEM Interfaith Dialogue dan Regional Interfaith Dialogue (Asia Pasifik), telah menjadikan Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah The 6th Global Forum of UNAOC.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Duta Besar A.M Fachir menjadi salah satu narasumber dengan tema paparan The 6th Global Forum UNAOC 2014. Dalam paparan disampaikan tentang latar belakang dan tujuan pelaksanaan UNAOC 2014; pilar-pilar aksi dan sub-sub tema UNAOC 2014; agenda persiapan UNAOC 2014; program UNAIC 2014; serta langkah-langkah lanjut pelaksanaan UNAOC 2014. Dosen Ilmu Hubungan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta, Dr. Ariesani Hermawanto, M.Si menyampaikan paparan tentang UNAOC  dan Peranan Indonesia dalam Ikut Membangun Peradaban Dunia. Wakil Dekan I Bidang Akademik UPN “Veteran” Yogyakarta, Nikolaus Loy. MA memandu berlangsungnya sesi pemaparan dan diskusi interaktif dengan peserta.

Pelaksanaan The 6th Global Forum of UNAOC 2014 dengan tema Unity in Diversity; Celebrating Diversity for Common and Shared Values memiliki nilai historis karena baru pertama kali diselenggarakan di kawasan Asia-Pasifik. Diharapkan kepemimpinan Indonesia dalam UNAOC ke-6 akan dapat menarik negara-negara yang belum menjadi Groups of Friends UNAOC untuk hadir dan bersedia masuk menjadi anggota.

Previous Next