Pakar Ahli Fisip UPN Veteran Yogyakarta Teliti Dinamika Media Sosial

  • Selasa 09 Juli 2024 , 01:48
  • Oleh : Dewi
  • 568
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK_ Prayudi, Ph.D selaku ketua tim peneliti dari dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNYK) melakukan penelitian tentang dinamika penggunaan media sosial di Malaysia. Penelitian beranggotakan Dr. M. Edy Susilo, dan Ninik Probosari, M.Si.

Penelitian ini berfokus pada penggunaan media sosial di Malaysia dalam konteks dinamika politik. Tim peneliti dari kedua universitas berdiskusi mengenai berbagai aspek yang berkaitan dengan topik ini, termasuk kontrol pemerintah terhadap media social dan pandangan akademisi terhadap perubahan yang terjadi dalam lanskap media di Malaysia.

Dr. Prayudi menyampaikan bahwa tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana media sosial digunakan oleh berbagai aktor politik di Malaysia dan bagaimana hal ini mempengaruhi dinamika politik di negara tersebut. "Kami berharap penelitian ini dapat memberikan wawasan baru mengenai peran media sosial dalam politik dan bagaimana pemerintah serta masyarakat menanggapi perubahan yang terjadi," ujar Dr. Prayudi.

Dr. M. Edy Susilo menambahkan bahwa penelitian ini juga mengeksplorasi bagaimana kontrol pemerintah terhadap media mainstream mempengaruhi persepsi publik dan bagaimana masyarakat mencari informasi alternatif melalui media sosial. "Ini adalah isu yang sangat relevan dan penting untuk dipelajari, terutama di era digital saat ini," kata Dr. M. Edy Susilo.

Sementara itu, Ninik Probosari, M.Si menekankan pentingnya pandangan akademisi dalam memahami dinamika politik yang terjadi. "Diskusi dengan Dr. Md Azahlanshah dan Dr. Rosya sangat bermanfaat. Mereka memberikan perspektif yang mendalam tentang situasi di Malaysia dan bagaimana media sosial menjadi platform penting dalam menyuarakan opini publik," jelas Ninik Probosari.

Dr. Md Azahlanshah Md Syed dari Universitas Malaya menyambut baik kerjasama ini dan mengapresiasi upaya tim peneliti dari UPN Veteran Yogyakarta. "Kerjasama ini membuka peluang untuk saling belajar dan memahami konteks politik serta media di kedua negara. Kami berharap penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam bidang studi komunikasi dan politik," kata Dr. Md Azahlanshah.

Penelitian ini diharapkan akan menghasilkan temuan-temuan yang bermanfaat untuk akademisi, praktisi media, dan pembuat kebijakan. Dengan adanya kolaborasi internasional ini, diharapkan juga akan tercipta hubungan yang lebih erat antara UPN Veteran Yogyakarta dan Universitas Malaya, yang dapat mendorong kerjasama di bidang penelitian lainnya di masa mendatang.

Penelitian ini menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi internasional dapat memperkaya pemahaman kita tentang isu-isu global dan lokal, serta mendorong inovasi dalam penelitian akademik. Dengan terus menjalin kerjasama seperti ini, diharapkan dapat tercipta solusi-solusi yang berdampak positif bagi masyarakat luas.