Pelatihan Audit Mutu Internal Akademik

  • 09 April 2015 , 12:00 AM
  • Oleh : Ritta Humas
  • 402
UPN VETERAN Yogyakarta

Untuk menambah penmgetahuan tentang system audit mutu akademik telah berlangsung acara  pelatihan dan refreshing system penjaminan mutu akademik internal (AMAI) di ruang seminar Fakultas Ekonomi hari Selasa 7 April 2015.

            Acara atersebut  merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Penjamninan Mutu (BPM) UPN “Veteran” Yogyakarta . Acara pelatihan tersebut  diikuti oleh para auditor di lngkungan UPN “Veteran” Yogyakarta, dengan nara sumber ibu Retno Indrati  dari UGM.

            Ketua BPM Ir. Kresno. M.Sc. MM dalam sambutannya mengatakan  system penjaminan mutu UPNVY mempunyai tujuan agar semua program studi  di UPNVY dapat terakreditasi “A” setidaknya “B”, Reputasi prodi cukup dinyatakan melalui  peringkat akreditasi, karena  dalam peringkat  akreditasi sudah mengacu pada Kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu  Pendidikan Tinggi berdasarkan Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang pen didikan tinggi.

            Adapun pengertian “mutu” adalah kesesuaian antara penyelenggaraan dengan standard yang telah ditetapkan, mka aktivitas disebut bermutu bila aktivitas tersebut  memenuhi standard atau melampoi standadrd yang telah ditetapkan. Mutu harus menjadi budaya dan kebutuhan , bukan menjadi beban.

            Lebih lanjut Ibu Retno Indrarti mengatakan bahwa  tujuan diselengrakannya acara  refresing  AMAI kali ini adalah untuk  mengetahui kesesuaian atau ketidaksesuaian dari persyaratan system menajemen mutu. Untuk mengetahui kapabilitas dari system menajemen mutu  juga  .

Audit mutu adalah pengujian sistematik dan mandiri untuk menetapkan apakah suatu kegiatan tersebut bermutu dan hasilnya berkaitan sesuai dengan pengaturan yang disebutkan diterapkan secara efektif dan sesuai untuk mencaapai tujuan.

Previous Next