Tiga UPN "Veteran" Kembali Berangkatkan KKN SIMADA ke VI di Entikong.

  • Jumat 23 Mei 2014 , 12:00 AM
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1073

Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’ Yogyakarta, UPN “Veteran” Jakarta dan UPN “Veteran” Surabaya kembali menyelenggarakan Kuliah Kerja Kerja Nyata Integrasi Mahasiswa Dewasa (KKN Simada). Tema tahun ini "Dengan KKN Simada VI Kita Tingkatkan Wawasan Kebangsaan dan Jiwa Nasionalisme untuk Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat di Kawasan Perbatasan" diikuti 145 orang termasuk panitia dan akan berlangsung mulai 21 Mei sampai 3 Juni 2014 di Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat.

           Ketua LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta Dr. Ir. Heru Sigit Purwanta, MT menjelaskan, kegiatan yang merupkan kelanjutan dari tahun 2013 ini akan berlangsung di sembilan dusun dan tiga desa. Adapun tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan jiwa nasionalisme, ketahanan ekonomi rumah tangga serta pemberdayaan usaha mikro kecil, menengah dan koperasi. Tujuan lain adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan keluarga dan lingkungan serta peningkatan prasarana, sarana dan teknologi (PST) berbasis swadaya masyarakat. Selain itu akan dilaksanakan pula Olimpiade Kebangsaan dan pemeriksaan kesehatan masyarakat yang melibatkan 19 dokter umum, 15 dokter pembantu dan tiga dokter spesialis dari Fakultas Kedokteran di UPN ‘Veteran’ Jakarta. 

            Joko Waluyo, SE. M. Si  selaku koordinator program mengatakan, peserta KKN Simada akan melakukan pula bimbingan teknis dan pemberian bantuan benih padi lahan kering, bimbingan teknis dan pemberian benih karet unggul, bimbingan teknis dan pemberian 7.000 benih lele unggul hingga pemupukan tanaman. Selain itu akan dilakukan pula bimbingan teknik olah pangan lokal, penyuluhan kewirausahaan, bimbingan penyusunan proposal bisnis termasuk laporan keuangan hingga perhitungan harga pokok penjualan. “Kami juga memberikan bantuan mesin perontok dan pengupas lada, spiner dan perajang singkong,” katanya.

Previous Next