Prodi Manajemen Gelar Workshop Kurikulum

  • 07 November 2013 , 12:00 AM
  • Oleh : Dewi Sukarelawati
  • 374
UPN VETERAN Yogyakarta

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UPN “Veteran” Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Evaluasi Kurikulum. Menjelang 2014  kurikulum yang sudah berjalan perlu ditinjau kembali dan perlu disempurnakan untuk masa mendatang. Dalam pelaksanaan Workshop Evaluasi Kurikulum menghadirkan pakar-pakar dari UGM yaitu (1). Dr. Sylvi Dewajani  menyampaikan/mensosialisasikan tentang” Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi”,dilanjutkan yang ke (2). Dr. Sahid Susilo Nugroho. MSc. mengupas  tentang “Manajemen Kurikulum Program Studi Sarjana”.

Workshop Evaluasi Kurikulum Program Studi Manajemen ini diselenggarakan bertepatan dengan memperingati hari Sumpah Pemuda pada hari Senin tanggal 28 Oktober 2013, bertempat di ruang kuliah Magister Manajemen Kampus UPN “Veteran” Yogyakarta Adapun peserta Workshop ini diikuti oleh seluruh dosen Prodi Manajemen, dan perwakilan dari dosen Prodi Akuntansi, serta perwakilan dosen dari Prodi Ekonomi Pembangunan 

Secara ringkas hasil Workshop dalam penyusunan kurikulum seperti: yang tersirat dalam KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) wajib dilaksanakan dalam kurikulum dengan standar minimal outcome yang diharapkan. Deskripsi capaian pembelajaran atau outcome yang diharapkan dari KKNI untuk pendidikan terdiri 4 unsur yaitu:

  1. Memahami Etika dan nilai-nilai
  2. Mampu dan menguasai bidang keahliannya
  3. Menguasai konsep teori dalam kontek ilmu yang digeluti
  4. Mampu mengambil keputusan dan mempunyai tanggung jawab pribadi terkait dengan tugasnya dan tujuan organisasi/institusi.

Proses belajar mengajar diharapkan membawa mahasiswa menjadi dewasa sehingga mampu beradaptasi terhadap lingkungan global, hal ini bisa direfleksikan dalam penyusunan kurikulum dimasa yang akan datang. Untuk mencapai standar minimal kualifikasi KKNI Shoftskill sangat diperlukan disamping penguasaan keilmuannya atau Hardskill. Oleh karena itu dosen diharapkan memasukkan nilai-nilai Shoftskill pada mata kuliah yang di ampu.      

Previous Next