REKTOR UPN VETERAN YOGYAKARTA LEPAS MAHASISWA KE IISMA 2021

  • 03 September 2021 , 09:59 AM
  • Oleh : Dewi Sukarelawati
  • 343
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_ Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Dr. Mohamad Irhas Effendi M.Si melepas sejumlah mahasiswa yang berhasil meraih beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021. Upacara pelepasan mahasiwa dilaksanakan secara daring, Kamis (2/9/2021).

Dalam sambutannya, Irhas mengungkapkan kebanggaannya akan prestasi yang diraih mahasiswa dalam kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digulirkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia tersebut. Mereka berhasil lolos dalam seleksi yang diikuti ribuan mahasiswa Indonesia untuk belajar di berbagai negara.

"Saya yakin saudara akan mendapatkan banyak manfaat ketika mengikuti program ini," paparnya.

 

Menurut Rektor, dengan mengikuti IISMA, mahasiwa bisa mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi. Sebab mereka mendapatkan kesempatan belajar di top rank universities

 

Perlu disadari mahasiswa tantangan belajar di kampus berkelas internasional akan berat. Namun Rektor yakin dengan kerja keras dan ketekuanan mahasiswa maka mereka akan bisa mengatasi tantangan ini dan menunjukkan prestasi yang terbaik.

 

Di kampus-kampus tersebut, mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta bisa mempelajari berbagai perspektif ilmu pengetahuan. Dengan belajar di luar negeri bisa mahasiswa mempunyai kesempatan unik untuk mempelajari berbagai hal melalui perspektif budaya negara tujuan mereka.

 

"Pendidikan di universitas terbaik akan membantu kalian mengembangkan cara berpikir kritis dan analitis serta melihat suatu persoalan dari berbagai sudut pandang. Tiap budaya memiliki caranya tersendiri untuk berinteraksi dengan dunia luas. Softskill ini akan sangat bermanfaat pada saat kalian meniti karir," paparnya.

 

Rektor berharap mahasiswa bisa memperluas jejaring Internasional. Mereka tidak perlu khawatir tidak akan memiliki teman, karena ada banyak acara-acara sosial yang bertujuan membantu mahasiswa internasional menjalin pertemanan dan jejaring baru.

 

Untuk itu mahasiswa diharapkan membina hubungan baik dengan dosen dan mahasiswa lokal maupun internasional. Selain itu tetap jaga komunikasi dengan mereka ketika nanti pulang.

 

"Networking ini akan bermanfaat bagi masa depan kalian," ujarnya.

Dr. Ir. RR. Rukmowati Brotodjojo, M. Agr., selaku Kepala UPT Bahasa dan Layanan Internasional UPNVY menyampaikan bahwa  mahasiwa diharapkan mampu mengembangkan penguasaan bahasa asing. Sebab penguasaan bahasa asing adalah salah satu keterampilan yang banyak dicari pemberi kerja. Dengan kuliah di luar negeri, mahasiswa berkesempatan mengembangkan penguasaan bahasa negara tujuan mereka. Mahasiswa pun harus meningkatkan adaptabilitas. Sebab kuliah di luar negeri akan membawa mereka melalui berbagai pergeseran lokasi dan metode pembelajaran.

 

Kepala UPT Bahasa dan Layanan Internasional UPNVY menambahkan pergeseran seperti ini akan menempa  mahasiswa untuk bisa menangani berbagai jenis situasi demi meraih tujuan dengan sukses. Hasilnya, lingkup pemikiran mereka akan lebih terbuka sehingga kalian bisa mendekati permasalahan dengan lebih baik dan beradaptasi ke situasi baru dengan lebih mudah. Setelah selesai program, mahasiwa diminta memperlancar perjalanan studi lanjut. Kalau mereka berencana untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, maka sekolah di luar negeri bisa membuat rencana mereka lebih lancar.

 

Apalagi staf penerimaan mahasiswa pascasarjana di berbagai universitas internasional biasanya memberi nilai tambah bagi para pendaftar yang pernah sekolah di luar negara asalnya. Dalam sudut pandang mereka, pelajar atau mahasiswa yang pernah belajar di luar negeri biasanya sangat menghargai keberagaman dan tidak takut menghadapi tantangan atau situasi yang sulit.

 

Kepala UPT Bahasa dan Layanan Internasional UPNVY  berpesan, setelah mengikuti program tersebut, mahasiswa bisa mempersiapkan diri untuk menerima berbagai jenis pekerjaan baru di masa depan. Ketika mereka kuliah di universitas terbaik dunia, maka mahasiswa bisa lebih mendekatkan diri dengan pusat-pusat inovasi dunia dan mempelajari semua keterampilan yang akan dibutuhkan untuk menjalani beragam jenis pekerjaan baru ini di masa mendatang.

"Selama belajar di universitas luar negeri kalian mengemban tanggung jawab terhadap diri sendiri, universitas asal (UPNVY) dan bangsa/negara. Terhadap diri sendiri, kalian harus menampilkan yang terbaik dan lulus dengan nilai yang baik pula. Selain itu sebagai bentuk tanggungjawab terhadap UPNVY, diharapkan kalian dapat membantu inisiasi Kerjasama antara UPNVY dengan universitas tempat kalian belajar. Perlu selalu diingat bahwa ketika belajar di luar negeri, kalian adalah duta bangsa. Jagalah nama baik bangsa dan negara," tambahnya.

 

 

Previous Next