REKTOR UPNVY DORONG WISUDAWAN IMPLEMENTASIKAN NILAI PANCASILA

  • Senin 24 Oktober 2022 , 12:43
  • Oleh : Dewi
  • 1296
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNVY) menggelar wisuda periode pertama. Sebanyak 988 mahasiswa baik dari tingkat sarjana maupun magister diwisuda secara luring.

"Sebanyak 988 orang wisudawan, antara lain 2 orang wisudawan program Doktor, 92 orang wisudawan program Magister, 854 orang wisudawan program Sarjana, dan 40 orang wisudawan program Diploma Tiga," papar Rektor UPNVY, Mohamad Irhas Effendi,  Sabtu (22/10/2022).

Secara keseluruhan, peraih predikat lulus Dengan Pujian atau Cum Laude sebanyak 353 wisudawan. Juga 18 wisudawan berhasil meraih penghargaan Karya Cendekia UPNVY.

"Selamat kepada para wisudawan telah keberhasilan menyelesaikan studi di UPNVY. Semoga ilmu pengetahuan, teknologi, pengalaman, dan keterampilan yang diperoleh, serta gelar akademik yang diraih dapat membawa manfaat bagi para wisudawan, keluarga, bangsa, dan negara," sebut Irhas. 

Irhas pun menyinggung soal Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati di Oktober 2022 ini. Ia mengajak wisudawan untuk memaknai hal tersebut.

"Pada 2 tanggal bersejarah tersebut kita bisa memetik pelajaran penting yang dapat dijadikan bekal dalam mengarungi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila memberi pelajaran betapa pentingnya menjaga dan melestarikan Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara," ucapnya.

Ia mengajak wisudawan untuk ambil bagian dalam upaya penumpasan kelompok yang berniat ganti ideologi Pancasila. Karena dengan Pancasila keutuhan dan kesatuan Bangsa Indonesia dapat terjaga, selain itu toleransi dan kerukunan masyarakat dapat ditumbuh-suburkan.

Wisudawan mempunyai peran penting, karena merupakan alumni dari Kampus Bela Negara. Ia mendorong wisudawan untuk memegang teguh pada nilai dan jiwa Pancasila.

"Amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian telah turut menjaga dan melestarikan Pancasila sekaligus melaksanakan nilai Bela Negara sebagimana yang dipelajari selama ini," ujarnya.

"Pada kesempatan yang baik ini saya ingin berpesan mengenai dua hal penting. Pertama selalu memegang teguh nilai-nilai bela negara (cinta tanah air, sadar berbangsa bernegara, setia pada Pancasila, rela berkorban, dan memiliki kemampuan fisik). Kalian adalah alumni kampus bela negara maka sudah seharusnya Anda menjiwai dan mengamalkan nilai-nilai bela negara di mana pun Anda berada" pesannya.

Kedua, bersiap menghadapi tantangan kehidupan riil di masyarakat dengan kesediaan untuk selalu siap belajar, siap beradaptasi, terus berinovasi mengembangkan cara-cara baru dan pantang menyerah. 

Hal itu sangat diperlukan dalam  menghadapi tantangan kehidupan masa kini yang antara lain ditandai terjadinya revolusi industri 4.0, society 5.0, dan borderless society. 

"Kepada para wisudawan saya menegaskan bahwa mulai hari ini kalian secara resmi menyandang gelar baru yang disematkan pada nama kalian," tuturnya.

Aurora Anastasya Fadillah, lulusan dari Fakultas Teknik Pertambangan (FTM) mengungkapkan bahwa kuliah di bidang pertambangan adalah hal yang menantang. Ia pun bermimpi bisa menjadi Menter ESDM di masa depan.

"Saya berimakasih kepada UPNVY dengan segala pembelajarannya. Terkhusus jurusan teknik pertambangan, selalu ingat bahwa tidak ada pengabdian yang sia-sia," ujarnya