Rektor UPNVY Melepas Mahasiswa KKN Angkatan 79 Periode I

  • Rabu 03 Mei 2023 , 03:05 PM
  • Oleh : Dewi
  • 480
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA -- Rektor UPN 'Veteran' Yogyakarta (UPNVY), Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si melepas 64 mahasiswa KKN Angkatan 79 Periode I, Selasa (2/5/2023). Mahasiswa KKN ini akan mengabdi di masyarakat selama satu bulan ke depan.

Di hadapan mahasiswa dia menyampaikan pesan, bahwa esensi dari KKN adalah mengintegrasikan proses pembelajaran dengan pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa harus bisa memetakan masalah yang dihadapi masyarakat dan mencari jalan keluarnya sesuai dengan kemampuan masyarakat.

Kelompok KKN ini dibentuk secara multidisiplin. Dari berbagai fakultas dan program studi. Sebab, untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat tidak cukup hanya menggunakan satu disiplin ilmu.

"Sudah sejak lama dilaksanakan dengan multidisiplin. Disitulah kemampuan adik-adik peserta KKN untuk berinteraksi dengan masyarakat, dengan program studi, dan fakultas lain," paparnya.

Menurutnya penyelesaian masalah dengan basis kemampuan masyarakat akan membuat program KKN menjadi berkelanjutan. Artinya meski sudah tidak lagi KKN di tempat tersebut, program masih bisa dijalankan oleh masyarakat. Selain itu, kerjasama yang solid di dalam kelompok juga menjadi hal yang penting.

"Saya pesan kepada Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bimbinglah mahasiswa KKN mulai dari perencanaan hingga bisa memberikan manfaat berkelanjutan. Kepada adik-adik mahasiswa, jaga nama baik kampus dengan karakter bela negara. Tunjukkan mahasiswa UPNVY cinta tanah air dan setia kepada Pancasila," pesannya.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M), Dr. Hendro Widjanarko, S.E, M.M mengatakan, filosofi dari KKN adalah menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat sesuai dengan kemampuan masyarakat. Mahasiswa KKN Angkatan 79 Periode I akan benar-benar tinggal di masyarakat selama satu bulan.

Masalah yang ada di masyarakat perlu diinventarisir, lalu dicarikan jalan keluarnya dengan berkonsultasi dengan DPL. Sehingga program berjalan efektif dan rampung dalam jangka waktu satu bulan.

"Nantinya Rektor UPNVY akan meninjau langsung tempat KKN yang bisa menampilkan program terbaiknya. Sehingga saya minta peserta KKN bersungguh-sungguh menampilkan program terbaiknya," ujarnya.

Kepala Pusat KKN & TTGG LPPM UPNVY, Bambang Sugiarto, Ir, MT menyampaikan KKN Angkatan 79 terbagi ke dalam dua Periode. KKN Periode I diikuti 64 mahasiswa terhitung sejak 2 Mei - 31 Mei 2023. Kemudian untuk Periode II akan dilaksanakan pada 19 Juni -18 Juli 2023 mendatang.

Secara rinci untuk KKN Periode I yang telah dilepas oleh Rektor UPNVY, terbagi dalam 7 kelompok. Sebanyak 3 kelompok berjumlah 26 mahasiswa menjalankan KKN di Kota Jogja tepatnya di Kemantren Gondokusuman dan Kemantren Umbulharjo. Kemudian sebanyak 4 kelompok berjumlah 38 mahasiswa akan melaksanakan KKN di Kecamatan Teras, Boyolali, Jawa Tengah (Jateng).

"Keduanya dijalankan secara luring 100%. Selain dibekali ilmu yang berkaitan dengan kemasyarakatan mahasiswa KKN juga dibekali uang untuk mendukung program kerja sebesar Rp2 juta setiap kelompok," jelasnya.

Previous Next