Sandiaga Uno: 34 Juta Masyarakat Indonesia Bergantung Pada Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

  • Kamis 16 Desember 2021 , 09:14
  • Oleh : Dewi
  • 2336
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr H Sandiaga S Uno B.B.A M.M.B.A mengungkapkan, sebanyak 34 juta masyarakat Indonesia mengantungkan hidupnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Oleh karena itu meski masa dalam pandemi kita jangan diam dan bertahan.

Hal di atas Sandiaga Uno secara virtual dalam.pidato ilmiahnya dalam Dies Natalies UPN “Veteran” Yogyakarta ke 63.

Lebih jauh Sandiaga mengajak jangan diam dan bertahan. Carilah peluang baru untuk menang. Karena pandemi bukanlah halangan.

“Pemanfaatan Geoheritage menjadi Geopark seperti yang dikembangkan UPN “Veteran” Yogyakarta merupakan salah satu kreatifitas dalam memanfaatkan sumber daya alam sebagai optimalisasi pariwisata yang berkualitaa dan berkelanjutan” jelasnya.

Sandiaga juga mengharapkan sektor UMKM bisa menjadi tulang punggung pemulihan ekonomi nasional. Sandiaga menguraikan berdasar data BPS ada tiga subsektor ekonomi kreatif yang berkontribusi besar dalam.peningkatan ekonomi. Yakni kuliner, fashion dan kriya.

“Semua stake holder dan para civitas akademika UPN “Veteran” Yogyakarta untuk bekerja sama dan bergandengan tangan. Dan kepada para mahasiswa lakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi dengan semangat 3 G. Yakni greget, geber dan gaspol,” ajaknya.

Sementara Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta, Mohammad Irhas Effendi mengatakan UPN “Veteran” Yogyakarta telah berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara. Di antaranya pembangunan Geoherutage dan Geopark.

“Dalam periode tahun 2015 – 2021, setidaknya ada 5 geopark yang dibangun dan dikembangkan dosen UPN “Veteran” Yogyakarta. Yaitu Geopark Gunungsewu Unesco Global Geopark, Geopark Nasional Bojonegoro, Geopark Karangsambung-Karangbolong, Geopark Nasional Peguunungan Meratus Kalimantan Selatan serta Geopark nasional Tulungagung dan Blora” jelas Rektor.(njar)

Sandiaga Uno: 34 Juta Masyarakat Indonesia Bergantung Pada Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif - MIMBAR.CO.ID