SEPATU BATIK INOVASI MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI UPNVY

  • Rabu 16 September 2020 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 2226
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_ Retno  Hastuti  mahasiswa dari Program Studi  Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta membuat inovasi  “Sepatu  Batik Lurik Fashionable  All  In One. Inovasi sepatu ini dirancang oleh tim yang  diketuai  Retno Hastuti dengan beranggotakan Nia Sarinastiti, Maya Ruri Putrid an Arif Musthofa. Tujuan dari inovasi ini yaitu salah satu upaya pengembangan nilai budaya dan efisiensi dalam aktivitas sehari-hari.

Retno Hastuti selaku ketua  tim inovasi sepatu batik lurik dari dosen Program Studi  Fakultas  Ekonomi  dan Bisnis  UPN “Veteran” Yogyakarta mengatakan perkembangan dunia fashion semakin meningkat, dimana penampilan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Adapun beberapa hal penunjang penampilan salah satunya sepatu. Kita ketahui sepatu merupakan faktor penunjang dalam berpenampilan dan merupakan salah  satu kebutuhan pokok dalam melakukan aktivitas   sehari- hari. Bagi seseorang dengan mobilitas terbatas memiliki satu jenis sepatu tidak menjadi masalah berbeda halnya  dengan seseorang yang memiliki mobilitas tinggi dan hanya memiliki satu jenis sepatu akan menyusahkan aktivitasnya, dan muncul berbagai permasalahan mulai dari penyimpanan, perawatan, dan masalah harga sepatu yang relative mahal. Tidak hanya itu saja dengan semakin berkembangnya gaya hidup masyarakat Indonesia dan budaya luar yang mendominasi mengakibatkan budaya lokal perlahan menghilang.

“Kami menginovasikan sebuah produk sepatu batik lurik fashionable all in one. Dimana sepatu ini dilengkapi dengan zipper dan pengait sepatu yang memudahkan dalam megubah model  sesuai kebutuhan baik formal, informal, dan santai. Kelebihan dari sepatu Babel (Batik Lurik Fashionable All In One) yaitu, dapat dikreasikan 3 model sepatu sesuai kebutuhan sehingga terasa simple dengan memiliki satu sepatu yang mana dapat dikreasikan menjadi beberapa model. Adapun desain dari sepatu ini kami kombinasikan dengan motif batik lurik yang semakin mempermanis penampilan dan sebagai upaya meningkatkan cinta terhadap budaya yang ada,”  tambah Retno, dosen Prodi Ekonomi Pembangunan.

Ia menambahkan sepatu  ini merupakan salah satu produk lokal dengan konsep budaya dan efisiensi dalam beraktivitas. Dengan produk ini diharapkan masyarakat lebih mencintai budaya yang ada dan bangga terhadap produk lokal karya anak bangsa.