Sholat Idul Adha 1436 H di UPN "Veteran" Yogyakarta

  • 25 September 2015 , 12:00 AM
  • Oleh : Ritta Humas
  • 420
UPN VETERAN Yogyakarta

Dengan penuh kekhusukan dan khidmad para jamaah sholat Idul Adha 1436H yang berlangsung di lapangan depan  gedung rektorat kampus UPN “Veteran” Yogyakarta di Condong catur , Depok Sleman Yogyakarta  mendengarkan ceramah dari Ustad sekaligus imam sholat Idul Adha  H.M.Lukman Hakim,MA dari Tim Pondok Pesantren Abwabul Abror, Semoya, Tegaltirto, Bernah, Sleman,  Yogyakarta.

                Sholat Idul Adha 1436 H kali ini  dikuti oleh para  jamaah dari sekitar  kampus UPN antara lain dari kampong Gorongan, Kampung Puluh dadi.              Dalam ceramahnya  ustad H.M. Lukman Hakim, MA  mengatakan segala puji bagi Allah , Dialah Tuhan yang mengatur  alam ini. Diberikannya kita kenikmatan hingga sekarang sehingga sudah sepantasnyalah kita bersyukur atas segala karunianya. Sholawat dan salam semoga senantiasa dicurahkan  kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Keluarga, para sahabatnya dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

                Dalam ceramahnya Ustad H.M. Lukman Hakim, MA.  mengajak kepada para jamaah untuk meneladani dan memaknai nilai-nilai  ajaran Nabi Ibrahim AS lebih lanjut Ustad  Chairil Anwar mengatakan  ketakutan terhadap Allah menjadikan  orang lebih bertakwa, seperti saat ini   kita sedang melaksanakan sholat Idul Adha  sebagai bentuk ketakwaan kita terhadap Alloh.  Hari raya qurban adalah ajaran Islam  yang diwariskan oleh Nabi Ibrahim AS. Ibadah kurban adalah symbol kasih sayang, kesetiakawanan sosial dan pemberdayaan umat. Ibadah kurban mengiinspirasi untuk selalu peduli  terhadap sesama .

                Karena itu sudah selayaknya  ibadah kurban untuk ditingkatkan kulaitas dan kuantitasnya. Apalagi di zaman modern ini  dimana kehidupan bermasyarakat, berbagsa dan bernegara yang semakin serba pesatyang seringkali mengabaikan kepentingan  nilai-nilai social. Pengorbanan Nabi Ibrahim  AS dan Nabi Ismail AS  mengadung nilai moralis , semangat berbagi dan  memngandung amanah . Semangat berbagi akan menumbuhkan   kesadaran kemanusiaan dan mengedepankan kepentingan  bersama untuk menuju kesejahteraan umat.

Previous Next