Tips untuk Pilih Jurusan yang Pas: Panduan buat Mahasiswa Anyar

  • Jumat 09 Februari 2024 , 03:53
  • Oleh : Admin
  • 769
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Foto ilustrasi mahasiswa UPNYK. Sumber: Biro Humas dan Kerjasama UPNYK

INFOUPNYK - Halo sobat wimaya, masuk kampus pasti jadi ajang yang dinanti-nantikan banyak orang, tapi gak bisa dipungkiri, salah satu tantangannya adalah pilih jurusan yang pas. Banyak dari kita bingung dan mungkin muter-muter dalam mikirin mau masuk jurusan apa. Admin kasih beberapa referensi jurusan di UPN "Veteran" Yogyakarta yang mungkin cocok buat kamu, selengkapnya kamu bisa cek kontennya disini. Apa? Masih bingung? Nih, biar gak lama-lama bingungnya, ada beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan sebelum nentuin jurusan. Check this out!

1. Ketahui Minat dan Skill  kamu

Coba pikir,  kamu tuh tertarik sama apa sih? Seni, matematika, atau mungkin teknologi? Ngenalin minat dan skill  kamu itu penting, guys. Karena dengan ngeliat minat  kamu, kamu bisa nemuin jurusan yang sesuai.

Misalnya, kalo  kamu suka seni, mungkin  kamu bisa mikirin jurusan desain grafis atau seni rupa. Atau kalo  kamu makin nyambung sama sains dan matematika, jurusan teknik atau matematika bisa jadi pilihan yang oke buat  kamu.

2. Cari Tahu Prospek Karir

Gak cuma soal minat aja, tapi juga soal karier, guys. Cari info tentang peluang kerja di bidang yang kamu minati. Nengok trend industri, gaji, dan kesempatan berkembang di bidang itu. Jadi, kamu bisa punya gambaran yang jelas soal masa depan karier kamu setelah lulus.

Misalnya, kalo kamu suka bidang teknologi informasi, cek dulu dong gimana perkembangan industri IT, apa aja posisi yang bisa kamu jabanin, dan berapa gaji rata-rata di bidang itu.

3. Kembangkan Skill yang Kamu Mau

Nah, selain minat, kamu juga perlu mikirin skill apa sih yang kamu mau kembangin. Pengen jadi keren di bidang analisis data, atau pengen jadi juara komunikasi? Pilihlah jurusan yang punya kurikulum sesuai dengan kebutuhan skill kamu.

Misalnya, kalo  kamu pengen jago di analisis data, mungkin kamu harus lihat-lihat jurusan yang punya kurikulum statistik, analisis data, atau pemrograman komputer.

4. Jangan Lupa Soal Duit

Gak bisa dipungkiri, urusan duit juga penting banget, guys. Cek biaya kuliah, biaya hidup, dan segala macem biaya yang mesti kamu tanggung selama kuliah. Pastiin juga kamu punya rencana keuangan yang matang.

5. Tanya Orang yang Paham

Terakhir, jangan ragu buat nanya-nanya sama orang yang lebih berpengalaman. Guru, konselor, atau alumni kampus bisa jadi sumber info yang oke buat kamu. Mereka bisa ngasih insight dan saran yang bisa kamu pertimbangkan.

UPN "Veteran" Yogyakarta sendiri bisa jadi salah satu perguruan tinggi tujuanmu. Nah, buat kamu yang penasaran ada jurusan apa saja sih di kampus bela negara ini dan kamu cocoknya dimana, kamu bisa akses lewat laman resmi penerimaan mahasiswa baru dan juga kamu bisa cek TikTok UPNYK.

Jadi, gimana? Masih bingung atau udah mulai ada gambaran? Ingat, pilih jurusan itu krusial, tapi juga seru! Dengan ngepoin minat, bakat, prospek karier, skill yang kamu mau, dan kondisi finansial, kamu bakal bisa nentuin jurusan yang bener-bener cocok buat kamu. Semangat buat ngejar mimpi dan cita-cita kamu di dunia perkuliahan, guys!