UKM JADI WADAH KEMBANGKAN BAKAT MAHASISWA

  • Minggu 21 Agustus 2022 , 06:30 PM
  • Oleh : Dewi
  • 688
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah wadah segala aktivitas kesiswaan di tingkat perguruan tinggi. UKM ini berfungsi untuk mengembangkan bakat dan minat serta keahlian tertentu dari masing-masing mahasiswa.

Para mahasiswa didorong untuk aktif mengikuti kegiatan UKM di sela kesibukan aktivitas akademik perguruan tinggi. Harapannya, bakat mahasiswa bisa tersalurkan dalam UKM ini.

"Unit kegiatan mahasiswa ini merupakan fasilitas untuk selalu menjaga, mengedepankan dan memupuk bakat dan minat para mahasiswa," jelas Rektor Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNVY), Mohammad Irhas Effendi, Sabtu (20/8/2022).

Ia mengatakan seleksi masuk UPNVY berbeda dari tahun sebelumnya. Perbedaan tersebut salah satunya yakni terdapat jalur prestasi.

"Karena dulu kan tidak ada jalur prestasi nah kalau sekarang ada jalur prestasi," lanjut Irhas.

Irhas berharap dengan adanya UKM di UPNVY dapat menjadi wadah bagi seluruh mahasiswa khususnya mahasiswa baru berprestasi.

"Nah harapannya prestasi yang dimiliki oleh adek-adek mahasiswa baru ini bakat minat tersebut akan tersalur di organisasi kemahasiswaan yang nanti mereka bisa melihat dan mereka juga bisa milih," harap Irhas.

Sementara itu, Ketua Pelaksana PKKBN, Muhammad Rifqy mengatakan bahwa mahasiswa boleh bebas memilih UKM sesuai bakat minatnya tanpa adanya batasan.

UKM di UPNVY sendiri ada sekitar 26 UKM yang mana dari ke semuanya itu memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing.

"Bebas memilih, karena itu kan disesuaikan dengan bakat minat dari masing-masing mahasiswa teresebut, kita hanya sebagai wadahnya saja," ucap Rifqy.

Kemudian, Anastasya Siburian sebagai mahasiswa baru prodi Teknik Geologi mengatakan bahwa dirinya masih mencari informasi terlebih dahulu sebelum masuk di salah satu ukm yang ada di kampusnya.

"Masih nyari-nyari aja nyamannya di mana, masih nyari yang di mana si aku bisa berkembang," ucap Anastasya.

https://kumparan.com/tugujogja/1yhMugUl8Ed/full?utm_source=Mobile&utm_medium=wa&shareID=XRoAHm643oze

Previous Next