UPN “Veteran” Yogyakarta Cetak Kader Bela Negara di Daerah Penugasan Kuliah Kerja Nyata

  • Kamis 13 April 2017 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1517
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

(Budi K.Tz. Siswanto)

UPN “Veteran” Yogyakarta menggelar Dialog Kebangsaan dan Bela Negara di Joglo Padukuhan Karangjati, Yogyakarta pada Senin 10 April 207. Kegiatan ini terwujud melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan ke-62 atas kerjasama UKM Resimen Mahasiswa (MENWA) Kalimasada UPN, Tim KKN Tematik Sleman 6209, dan di bawah koordinasi dosen pembimbing lapangan, Ir. Puji Pratiknyo, M.T. Kegiatan tersebut  diharapkan mampu melahirkan kader-kader bela negara di tengah masyarakat perkotaan yang sangat dinamis dan majemuk, khususnya di kalangan pemuda.

          Selain dialog bela negara, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyuluhan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) yang juga diisi oleh UKM Resimen Mahasiswa. Kegiatan PPGD diharapkan mampu meningkatkan kepedulian dan kemampuan dasar mengenai pertolongan gawat darurat, sehingga masyarakat sekitar bisa lebih mandiri dalam merespon kejadian darurat.

Arimas Hanindya sebagai ketua tim KKN 6209 menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja strategis yang merepresentasikan ciri khas UPN “Veteran” Yogyakarta sebagai kampus Bela Negara.  Dirinya berpendapat bahwa kegiatan KKN yang ideal tidak hanya menitikberatkan pada aspek fisik saja, aspek non-fisik seperti pembangunan manusia juga tidak kalah pentingya. Dialog bela negara tersebut diharapkan mampu mencetak kader bela negara di kalangan pemuda sekaligus branding identitas UPN sebagai universitas yang menjunjung tinggi Pancasila dan kebhinekaan.