UPN Veteran Yogyakarta Resmikan Panjat Tebing Mapala, Dukung Kegiatan UKM Bela Negara

  • Senin 07 Oktober 2024 , 04:00
  • Oleh : Dewi
  • 148
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Peresmian Wall Climbing UKM Mapala UPN Veteran Yogyakarta

YOGYAKARTA - Rektor Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Prof. Dr. Mohammad Irhas Effendi, M.Si., meresmikan panjat tebing (wall climbing) pada Rabu (20/6/2024) lalu. Kehadiran wall climbing tersebut bertujuan untuk menunjang aktivitas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berciri Bela Negara, yakni UKM Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), Resimen Mahasiswa (Menwa), Korps Sukarela (KSR) PMI, dan Pramuka.

Rektor UPN Veteran Yogyakarta, mengatakan, peresmian wall climbing Mapala ini, menjadi wadah bagi para anggota UKM berciri Bela Negara untuk mengembangkan keterampilan dalam teknik panjat tebing. Rektor UPN Veteran Yogyakarta juga menekankan pentingnya kegiatan UKM seperti Mapala dalam peningkatan kualitas diri dan penguatan ketrampilan mahasiswa.

“Acara ini bukan hanya sebagai simbol kegiatan UKM, tetapi juga sebagai komitmen untuk membangun jiwa Bela Negara di kalangan mahasiswa,” ujar Rektor UPN Veteran Yogyakarta saat meresmikan Wall Climbing Mapala.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Perencanaan sekaligus Pembina UKM Mapala, Dr. Hendro Widjanarko, S.E., M.M., menyampaikan, bahwa setiap anggota Mapala harus membawa nama baik almamater UPN Veteran Yogyakarta.

Dr. Hendro yang merupakan alumni anggota UKM Mapala ini, juga berharap melalui kegiatan dalam unit kegiatan mahasiswa, para anggota dapat meningkatkan kualitas pribadi mereka.

“Dengan demikian, setiap anggota UKM Mapala UPN Veteran Yogyakarta diharapkan dapat menjadi contoh yang baik bagi rekan-rekan mereka dan membantu meningkatkan citra baik universitas,” tutur Dr. Hendro.

Dihubungi terpisah, Ketua UKM Mapala Miftah Aulia Pratiwi, menyambut baik kehadiran fasilitas baru tersebut. Menurutnya, keberadaan wall climbing dapat memudahkan anggota UKM Mapala maupun UKM berciri Bela Negara lainnya untuk menyelenggarakan Latihan.

“Kami dari UKM Mapala rutin berlatih tiga kali sepekan dengan kehadiran wall climbing tersebut,” ungkap Miftah.

Sebagai tambahan informasi, UKM Mapala yang telah berkiprah sejak tahun 1990-an mengemban misi utama mengembangkan jiwa Bela Begara di kalangan mahasiswa. Melalui berbagai kegiatan, seperti pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar), UKM Mapala telah menghasilkan banyak anggota yang siap berkontribusi dalam pengabdian kepada masyarakat dan negara.

Kegiatan UKM Mapala tidak hanya mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan, tetapi juga membantu mereka mengembangkan keterampilan dan karakter yang kuat. Dengan demikian, setiap kegiatan di UPN Veteran Yogyakarta tidak hanya berfokus pada pendidikan akademis, tetapi juga pada pengembangan karakter dan keterampilan yang relevan dengan jiwa Bela Negara.

Penulis: Ulfa dan Safira