UPNVY Ingin Menjadi Energy University

  • Senin 04 Februari 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 949
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Harianjogja.com, SLEMAN—Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) Muhammad Irhas Effendi mengatakan saat ini setiap perguruan tinggi harus memiliki diferensiasi agar dapat bersaing. UPNVY berniat menjadi energy university di Indonesia.

“UPNV akan focus pada pendidikan energi. Kami dalam proses menjadi Energy University. Kalau kami lihat di Indonesia belum banyak perguruan tinggi yang focus ke energi,” kata Irhas saat menerima kunjungan Harian Jogja di ruang kerjanya, Kamis (31/1/2019).

Irhas mengatakan UPNVY memiliki inovasi yang tidak dimiliki perguruan tinggi lain misal pengelolaan sumur minyak tua. Saat ini masyarakat masih menambang dengan cara tradisional, dengan produktivitas yang tidak besar. “Kami harus memberi terobosan dengan teknologi yang ramah lingkungan, tetapi terjangkau dan mampu meningkatkan produktivitas,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Irhas mengungkapkan saat ini UPNVY tengah menjalankan beberapa program untuk meningkatkan kualitas di masa transisi dari perguruan tinggi swasta ke negeri. Setidaknya ada empat tahapan yang harus diselesaikan. Mulai dari transformasi, transisi, penguatan manajemen dan berkinerja unggul. “Kami tuntaskan awal tahun ini, semoga berhasil. Sampai saat ini 80 persen sudah dilaksanakan, tinggal 20 persen dan itu yang berat yakni transisi sumber daya manusia serta aset,” jelas Irhas.

Meski masih masa transisi, animo lulusan SMA sederajat mendaftarkan ke UPNVY meningkat dari waktu ke waktu. Animo pendaftar awalnya di kisaran 11.000– 13.000 pendaftar, kemudian semakin bergerak di kisaran 34.000-45.000 dan saat ini ditaksir hingga 59.000. Belum lama ini UPN juga memperoleh penghargaan Anugerah Bela Negara 2018 dari Kementerian Pertahanan.

Dikatakan Rektor, UPNVY terus berupaya meningkatkan akreditasi, terutama sejumlah prodi baru. Setidaknya ada sembilan prodi baru yang akan diupayakan mendapatkan reakreditasi ke B. UPNVY bersepakat dengan Harian Jogja untuk bersinergi membangun branding yang baik.

Sumber : https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2019/01/31/512/968981/upnvy-ingin-menjadi-energy-university