UPNVY SIAPKAN 815 UNIT KOMPUTER UTBK SBMPTN 2019

  • Senin 04 Februari 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 968
  • 1 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman – UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menyediakan 815 unit komputer untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) seleksi masuk perguruan tinggi negeri jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Markus Kurnardijanto, S.Sos selaku Kasubag Kerjasama dan humas mengatakan untuk menyiapkan UTBK, UPN “Veteran” Yogyakarta  sudah bekerja sama dengan sekolah-sekolah sekitar. Beberapa sekolah yang diajak bekerja sama untuk kelancaran pelaksanaan UTBK yaitu SMK 1 Depok, SMK 5, SMK 6, SMK ADISUCIPTO dan SMA Muhamadiyah 2.

Markus menambahkan, seleksi masuk perguruan tinggi negeri mengalami beberapa perubahan. Perubahannya sama sekali berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaan SBMPTN 2019 hanya ada satu metode tes yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) ditiadakan. Pelaksanaan UTBK dapat dilakukan 2 kali. Setiap siswa memiliki kesempatan dua kali untuk ikut tes. Setiap tes, akan dikenakan biaya Rp 200 ribu dan calon mahasiswa bisa memilih dua PTN. Materi tes yang dikembangkan dalam UTBK 2019 yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) dengan kelompok ujian Saintek atau Soshum.

humas/dewi