UPNVY Raih Anugerah Bela Negara tahun 2018

  • Senin 17 Desember 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1067
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) mendapatkan Anugerah Bela Negara tahun 2018 dari Kementerian Pertahanan. Anugerah diberikan kepada UPNVY setelah ditetapkan menjadi perguruan tinggi yang konsisten mendukung program pembinaan kesadaran bela negara di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Minggu (16/12).

“Penghargaan ini tidak lepas dari sejarah kami sebagai universitas yang didirikan oleh para pejuang Veteran. Kami ucapkan terimakasih kepada Kementerian Pertahanan yang telah membimbing kami selama ini.” Kata Rektor UPNVY, Dr. Irhas Effendi setelah menerima penghargaan.

Sebelumnya UPNVY menjadi nominasi Anugerah Bela Negara tahun 2018 bersama dua perguruan tinggi lainnya yaitu ITENAS Bandung dan Universitas Pertahanan.

Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan, Prof. Bondan Tiara Sofyan, melaporkan Anugerah Bela Negara diselenggarakan untuk menumbuhkan kesadaran warga negera Indonesia bahwa bela negara merupakan kewajiban. Anugerah ini diberikan untuk insan bangsa yang telah mendedikasi dan berjasa dalam membela negara dengan profesi masing – masing.

"Kegiatan ini merupakan pemberian penghargaan bela negara dari Kementerian Pertahanan kepada warga negara Indonesia yang telah melaksanakan aktivitas mendukung program pembinaan kesadaran bela negara," kata Bondan dalam sambutannya.

Anugerah Bela Negara ini diawali dengan perlombaan vlog dan meme dengan tema “Bela negara ala saya”.

Dalam penghargaan Anugerah Bela Negara 2018 terdapat enam kategori yakni untuk korporasi, media massa, perguruan tinggi, individu senior, individu milenial, dan personel TNI yang mencerdaskan masyarakat di perbatasan.

Masing-masing kategori terpilih tiga nominasi dan penentuan pemenang Anugerah Bela Negara telah dilaksanakan oleh tim peneliti dan penilai yang diketuai oleh Ditjen Pothan sesuai Permenhan No 37 Tahun 2013 Tentang Pemberian Tanda Penghargaan Bela Negara.

Kategori korporasi diraih oleh PT Maspion Group, media massa oleh RRI, perguruan tinggi oleh UPN “Veteran” Yogyakarta. Kategori individu senior diraih oleh Jusuf Hamka dan individu milenial oleh Jonatan Christie. Sedangkan anugerah kategori personel diberikan kepada Sertu TNI Duarte Dos Santos yang telah meningkatkan kesejateraan masayarakat di Belu, Atambua, Nusa Tenggara Timor. (wwj/humas)