UPNYK Akan Bangun Kampus Lapangan Geosains di Tegalrejo, Gedangsari Gunungkidul

  • Rabu 21 Februari 2024 , 12:26
  • Oleh : Dewi
  • 2005
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK-Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNYK) akan membangun Kampus Lapangan Geosain di Tegalrejo, Gedangsari, Gunungkidul. Rencana ini dilakukan dengan memanfaatkan Tanah Kekancingan dari Keraton Ngayogjokarto Hadiningrat seluas 10.540 m2.

Rektor UPNYK, Prof  Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si melakukan kunjungan ke lokasi pada Selasa (20/02/2024). Dalam kunjungannya Rektor didampingi oleh Lurah Sarjono, Carik Sugiyanto, dan perangkat desa Tegalrejo, Gedangsari, Gunungkidul.

Ketua Tim Pemanfaatan Tanah Kekancingan UPNYK, Dr. Ir. Joko Soesilo, MT.,I.PM mengatakan Kampus Lapangan Geosain akan dapat dimanfaatkan oleh beberapa program studi di UPNYK, seperti Prodi Teknik Geologi, Prodi Teknik Pertambangan, Prodi Teknik Geomatika, Prodi Teknik Geofisika, Prodi Teknik Perminyakan, Prodi Teknik Lingkungan, Prodi Ilmu Tanah, dan Sektor Agro-energy. Selain itu, kampus ini juga dapat dimanfaatkan oleh pihak eksternal, seperti perguruan tinggi lain, pemerintah daerah, BUMN, swasta sektor teknologi kebumian, LSM kebencanaan, peneliti, dan lainnya.

“Pembangunan Kampus Lapangan Geosain akan dilakukan dalam tiga tahap, dengan fasilitas seperti auditorium, ruang kuliah dan seminar, asrama mahasiswa, hingga wisma dosen. Di masa depan, diharapkan kampus ini dapat menjadi Centre of Excellence Campus secara nasional maupun internasional. Lokasi berada di Tegalrejo, Gedangsari, Gunungkidul, dengan ketinggian 220 hingga 252 mdpl, dan berjarak 2 km dari Bayat, Klaten,” terang Dr. Ir. Joko Soesilo, MT.,I.PM

Ketua Tim Pemanfaatan Tanah Kekancingan UPNYK  berharap Kampus Lapangan Geosain ini akan menjadi fasilitas pendidikan kebumian bagi civitas akademik UPNYK serta menciptakan kluster ekonomi baru di lereng utara Gunung Kidul,

"Kampus Lapangan Geosain  ini sebagai kawah candradimuka bagi calon ahli Kebumian, Lingkungan, Kebencanaan dan Energi. Dibangun berkonsep menyatu dengan alam, memanfaatkan cahaya alami, peduli lingkungan, dan sadar bencana," ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UPNYK, Prof Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si, mendukung rencana pembangunan Kampus Lapangan Geosain ini. Lapangan Geosain akan menjadi tempat yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa UPNYK dan pihak eksternal untuk melakukan survei lapangan dengan harapan dapat meningkatkan pembelajaran dan penemuan baru terkait ilmu kebumian.

"Semoga pembangunan Lapangan Geosain bisa lancar dan segera bisa dimanfaatkan. Melalui kegiatan menelaah geosain diharapkan mahasiswa akan semakin banyak belajar dan mendapatkan temuan-temuan baru terkait ilmu kebumian," ungkapnya. (*)