UPNYK Bekerjasama dengan RS Soerojo Magelang dalam rangka Kembangkan pemanfaatan mata air Kalibening untuk Produksi Air Mineral Kemasan

  • Rabu 24 April 2024 , 08:32
  • Oleh : Dewi
  • 1797
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK_Fakultas Teknologi Mineral (FTM) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta ( UPNYK ) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang di bidang penelitian hidrogeologi, mengembangkan pemanfaatan mata air selain untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit, juga untuk produksi air mineral kemasan, Selasa 23 April 2024. Kolaborasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam yang ada, khususnya mata air Kalibening yang terletak di lanskap yang subur di daerah Magelang.

Dr. Ir. R. M. Basuki Rahmad, M.T. selaku Dekan FTM UPN Veteran Yogyakarta menyampaikan bahwa kolaborasi terletak pada komitmen bersama terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal dan pelestarian sumber daya air yang begitu penting dalam kehidupan.

“Motivasi kami memperkuat kerjasama ini adalah untuk bersama-sama memahami, menjaga, dan melindungi keberadaan dan keberlanjutan sumber air Kalibening. Ini penting bagi keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Kami yakin dengan bekerjasama dengan Rumah Sakit Prof. Dr. Soerojo Magelang, Kita dapat bersama-sama berkonstribusi terhadap konservasi dan pengelolaan sumber air Kalibening,” terang Dekan FTM UPNYK.

Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K., M.Sc selaku peneliti dan pakar hidrogeologi dari Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral, UPN “Veteran” Yogyakarta menyampaikan tim ahli FTM UPN Veteran Yogyakarta akan fokus pada pemetaan kondisi geologi, sistem hidrogeologi, analisis kualitas air, dan identifikasi potensi ancaman terhadap sumber air Kalibening. Dengan memperoleh pemahaman yang komprehensif, tim bertujuan untuk mengembangkan strategi pengelolaan yang efektif yang akan menjamin keberlanjutan sumber daya penting ini.

“Setelah menyelesaikan penelitian, tim berencana untuk bekerja sama dengan otoritas lokal dan pemangku kepentingan untuk menerapkan praktik pengelolaan berkelanjutan. Dengan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk masyarakat, mereka bertujuan untuk memastikan bahwa temuan dan rekomendasi penelitian diterjemahkan secara efektif ke dalam tindakan nyata untuk perlindungan sumber air Kalibening,” lanjut Rektor UPNYK periode 2014 – 2018.

Dr. Rukmono Siswishanto, Sp.OG (K), M. Kes, MPH, selaku Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang menyampaikan harapannya dalam sambutannya.
“Saya berharap melalui sinergi antara Rumah Sakit Prof. Dr. Soerojo Magelang dan UPNYK untuk mengembangkan produksi air mineral kemasan yang berkualitas, berkelanjutan, dan berdampak positif bagi masyarakat.” terang Dirut RS Soerojo.

Selain itu, Dr. Rukmono Siswishanto melihat kerjasama ini sebagai peluang untuk mendorong kolaborasi lintas sektor antara sektor kesehatan dan pendidikan. Ia berharap bahwa kerjasama ini dapat menjadi contoh yang baik dan menginspirasi kolaborasi lintas sektor lainnya dalam mengatasi masalah dan memanfaatkan peluang di bidang kesehatan dan pengelolaan sumber daya alam.