UPNYK Gandeng BNN Ciptakan Kampus Bersih Narkoba

  • Selasa 24 Oktober 2023 , 08:54
  • Oleh : Dewi
  • 800
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK-UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sleman bekerjasama untuk menciptakan "Kampus Bersih Narkoba". Program ini merupakan langkah proaktif untuk melindungi lingkungan kampus UPNYK melawan penyalahgunaan narkotika dan prekursor narkotika (23/10/2023).

Rektor UPNYK, Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si didampingi Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Susanta, M.Si,membuka acara dengan memberikan sambutan didepan peserta tes kesehatan yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan UPNYK.

Rektor berharap melalui Program "Kampus Bersih Narkoba" ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi seluruh civitas akademika agar terlibat aktif dalam memberantas penyalahgunaan narkotika di lingkungan kampus. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan kampus yang aman, sehat, dan bebas dari pengaruh negatif narkoba.

Siti Alfiah, MH, selaku Kepala BNN Kabupaten Sleman menyampaikan kegiatan ini sesuai dengan Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) Tahun 2020–2024 dan menindak lanjuti surat Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek Nomor 6182/A.A1/PR.06.00/2023 tanggal 23 Februari 2023 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) Tahun 2023.

“Adanya kolaborasi antara UPNYK dan BNN diharapkan dapat memberikan dukungan yang kuat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkotika di lingkungan kampus,” jelas Kepala BNN Kabupaten Sleman.

Ia menambahkan dengan adanya program ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih sadar akan bahaya narkoba serta memiliki pengetahuan yang cukup untuk melindungi diri sendiri dan teman-teman. Selain itu, diharapkan program ini juga mampu menginspirasi institusi pendidikan lainnya untuk melakukan upaya serupa guna menciptakan lingkungan kampus yang bersih dari narkoba.

Dengan semangat kolaborasi dan kesadaran yang tinggi, UPNYK dan BNN berusaha bersama untuk menciptakan generasi muda yang kuat, cerdas, dan terbebas dari pengaruh buruk narkoba. Program "Kampus Bersih Narkoba" ini menjadi langkah nyata dalam membangun masa depan yang lebih baik dan memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat. “Mari bersama-sama menyelamatkan anak bangsa”, Pungkasnya.