Oil And Gas Intellectual Parade (OGIP) 2013

  • 21 February 2013 , 12:00 AM
  • Oleh : Humas
  • 92
UPN VETERAN Yogyakarta
OGIP 2013 (Oil and gas intelectual Parade) adalah acara yang diselenggarakan oleh HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Perminyakan) UPN “Veteran” Yogyakarta . Acara ini merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk untuk memajukan kualitas segenap civitas akademika UPN “Veteran” Yogyakarta dan untuk membuka komunikasi dan hubungan baik antara Mahasiswa dan Professional industri perminyakan baik dalam negeri maupun luar negeri. OGIP 2013 merupakan event lanjutan dari OGIP 2012 dan diikuti oleh sekitar 18 universitas se-ASIA Tenggara. Acara ini diselenggarakan dikampus UPN “Veteran” Yogyakarta dan berlangsung selama 4 hari ( 12-15 Februari2013). Jenis acara berupa lomba yang terdiri dari 3 jenis lomba, yaitu: Student Competition,Paper Contest, dan Plan Of Development (POD).

Pada OGIP 2013 kali ini kita mengundang lebih banyak universitas yang berada di kawasan Asia Pasifik dengan tema “A Movement For A Million Changes". Beberapa event di OGIP 2013 diantaranya adalah Panel Discussion,Student Competition (Smart Competition, Student Paper Contest, Plan of Development), Gathering dan Penanaman 1000 pohon di Bumi Perkemahan Garongan, Kecamatan Turi kabupaten Sleman.

Dalam acara discussion panel kali ini mengambil tema “Energy Sustainability for national Glory “dengan mengundang beberapa pembicara yang sangat berkompeten dibidangnya diantaranya adalah Ir.Susilo Siswo Utomo (Wakil Menteri ESDM), Ir. J. Wijanarko (Wakil Kepala SK Migas),Dr. Ir. Galelia Karen Agustiawan (Direktur Utama Pertamina Persero), Ir. Abdul Hamid Batubara, MBA (Presiden Direktur PT Chevron Pacific Indonesia) Radikal Utama (Senior VP Support And Service PT Supreme Energy)yang akan dilaksanakan di Ballroom Hotel Sheraton, dalam acara tersebut terdapat “exhibition” dengan mengundang pula beberapa perusahaan migas yang ternama dan beberapa organisasi perminyakan untuk menambah wawasan dan meningkatkan pemahaman mengenai industri migas dan panasbumi . Golf Meet and Share merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk menjadi tempat bertemunya para professional-profesional di bidang migas dan geothermal untuk dapat berbagi pengalaman yang dikemas dalam suatu acara yang santai sehingga dapat dijadikan juga sebagai tempat untuk relax dan sebagai ajang berolahraga. Student Competition merupakan salah satu rangkaian OGIP 2013 yang terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya adalah welcome party, smart competition, paper contest dan plan of Development dengan mengundang mahasiswa-mahasiswi se Asia Pasifik untuk datang dan mengadu pengetahuan dan kreatifitas dalam industri migas maupun panasbumi.

Dalam rangkaian acara student competition tersebut terdapat event “gathering” di mana para mahasiswa dan mahasiswi se-asia pasifik berkumpul untuk saling berbagi pengalaman terkait dengan bidang migas maupun panasbumi dan juga mereka dapat merasakan kehangatan suasa Yogyakarta . Tidak hanya rangkaian acara di atas, sehubungan dengan kepedulian dengan masyarakat sekitar maupun dengan lingkungan maka OGIP 2013 melaksanakan kegiatan social yang akan diwujudkan dengan melakukan penanaman 1000 pohon di lereng Merapi. Dengan adanya kegiatan social tersebut kami berharap agar masyarakat lebih dapat menjaga lingkungan dan melestarikan lingkungan demi masa depan generasi mendatang.

Adapun pada lomba Plan Of Development(POD) ini diikuti oleh 6 tim yang berasal dari 6 universitas di Indonesia, diantaranya:

1. UPN
2. ITB
3. STT Migas Balikpapan
4. ITSB
5. UNDIP
6. TRISAKTI

UPN mengirim 1 Tim “Wimaya Petroleum”yang terdiri dari 1 orang dari jurusan geologi dan 4 orang dari jurusan perminyakan :

1. Bagus Setyo Pambudi – TG ‘09
2. Novita Kurnia Sari – TM ‘09
3. Fida Kathartika – TM ‘09
4. MichaelAnggi – TM ‘09
5. Syahrul – TM ‘09

sedangkan lomba POD ini dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Februari 2013 bertempat di Ruang Seminar FTM UPN “Veteran” Yogyakarta pada pukul 08.00–selesai. Lomba ini terdapat 4 juri pada lomba ini yang berasal dari UPN, Chevron, SK Migas.

Dalam acara lomba POD kali ini materi yang dipresentasikan mulai dari tahap pengerjaan mulai dari kajian geologi terlebih dahulu. Dimana pada soal kita mendapatkan stratrigrafi regional dari lapangan tersebut. Lalu dari stratrigrafi regional tersebut diinterpretasikan petroleum systemnya dan dibuat model geologinya. Selanjutnya dari data log yang disoal dihitung analisa petrofisikanya dan didapatkan property porositasnya. Setelah itu dibuat peta bawah permukaan dan dihitung cadangannya untuk mendapatkan nilai IGIP. Selanjutnya masuk Kajian Reservoar dimana berdasarkan hasil kajian geologi maka pada kajian reservoar mengkaji reservoar yang meliputi kondisi reservoir, property fluida,property batuan, dan metoda analisanya. Sehingga dapat dihitung stimulasi dari sumur tersebut.

Setelah Kajian Reservoar, maka masuk ke Kajian Produksi untuk bagian memproduksi setelah dikaji reservoirnya. Dimana berdasarkan asumsi model reservoar dan model sumurnya maka dapat dibuat prediksi, selanjutnya ke Kajian Pemboran, dimana pada kajian pemboran ini hanya dikaji penambahan sumur saja. Lalu masuk ke kajian keekonomian, kajian ini bisa dibilang merupakan yang sangat penting mengingat agar investor tertarik untuk berinvestasi maka hasil dari kajian keekonomian ini dapat memperlihatkan layak atau tidaknya lapangan ini untukdikembangkan. Dan yang terakhir merupakan kajian HSE,ASR, dan CSR. Dimana kajian ini wujud kepedulian UPN dalam menjaga lingkungan, mengingat kita dalam pengerjaanpengembangan sumur ini dapat beresiko merusak lingkungan. Dimana meliputi pengelolaan limbah, pembuatan dan konservasi terumbu karang pada daerah yang sensitif. Sebagai penutup dibuatlah kesimpulan dari kajian-kajian diatas beserta rekomendasinya. Setelah hasil dari pengerjaan kami selesai maka tiba saatnya presentasi. Disaat ada salah satu tim presentasi maka tim lainnya keluar ruangan untk menunggu giliran di ruang tunggu, sehingga yang berada diruangan adalah hanya peserta, juri, dan penonton. Tim UPN mendapat urutan nomor 3 untuk presentasi sehingga jadwal presentasi pada pukul 10.20. Saat presentasi ditunjuk satu orang untuk mempresentasikan hasil dari pengerjaan kita, dimana diberi waktu 15 menit untuk presentasi dan15 menit untuk tanya jawab. Saat tanya jawab hal yang paling sering dibahas adalah segikeekonomian dan produksi, dari segi geologi hanya dibahas lapangan ini prospek atau tidak untuk dikembangkan. Setelah waktu tanya jawab selesai maka selesailah presentasi kami dan kami keluar ruangan. Hasil atau pengumuman juara diumumkan pada saat farewell party pada hari berikutnya yaitu pada hari kamis, 14 Februari 2013. Dimana hasil dari pengumuman juara POD pada OGIP 2013 ini adalah sebagai berikut :

JUARA1 UPN “Veteran” Yogyakarta
JUARA2 Institut Teknologi B.andung.
JUARA3 Institut Teknologi dan Sains Bandung.

Setelah pengumuman juara tersebut maka ditutuplah acara OGIP 2013 ini. Semoga UPN dapat mempertahankan Tradisi Juara POD di OGIP selanjutnya. Untuk Student Competition Juara 1 ITB, Juara 2 UGM, dan Juara 3 UPN sedangkan untuk Paper contest yang keluar sebagai Juara 1 adalah Edo Pratama (TM'2010
Previus Next