194 Kakak Asuh Mahasiswa Baru UPN “Veteran” Yogyakarta Ikut Pelatihan dan Pendidikan Belanegara di Markas Grup 2 Kopassus

  • Senin 07 Agustus 2023 , 09:13
  • Oleh : Dewi
  • 1258
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNV YK) mengirimkan 194 mahasiswa yang akan bertugas menjadi pendamping atau kakak asuh mahasiswa baru untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan kepemimpinan Belanegara di Markas Komando Pasukan Khusus Grup 2 (Kopassus Grup 2). Pelatihan kakak asuh ini menjadi rangkaian dari Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) UPNV YK Tahun 2023.

Rektor UPNV YK, Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si mengatakan,” Pelatihan masa orientasi ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan kakak asuh dalam memberikan pendampingan terhadap mahasiswa baru. Dengan adanya pelatihan , diharapkan kakak asuh dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan memudahkan mahasiswa baru dalam beradaptasi dengan lingkungan kampus,”

Ia menambahkan UPNV YK sedikit berbeda dengan kampus lain terkait pengenalan kehidupan kampus. Di perguruan tinggi lain kegiatannya dikenal dengan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), sementara UPNV YK dan dua kampus UPN lainnya disisipi nilai Belanegara.

"Belanegara menjadi ciri dari UPNV YK dan dua kampus UPN lainnya. UPN didirikan menggunakan Peraturan Presiden (Perpres) dan harus meletakkan nilai Belanegara sebagai dasar dalam pelaksanaan Tri Dharma, sebagaimana diatur dalam Perpes No 121 Tahun 2014 tentang Pendirian UPN," paparnya dalam upacara pelepasan kakak asuh di Lapangan Depan Rektorat UPNV YK Kampus Condong Catur, Senin (7/8/2023).

Nilai Belanegara menjadi landasan pelaksanaan Tri Dharma yang terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Di bidang pendidikan prosesnya dimulai dari pengenalan kehidupan kampus sebagai awal masuknya mahasiswa ke dalam kampus, setelah penerimaan.

"Proses pelatihan pengenalan kehidupan kampus tujuannya adalah mempercepat proses transisi dari siswa menjadi mahasiswa dewasa di kampus. Mempercepat proses pembelajaran  saat masuk proses perkuliahan, mengenalkan ciri UPNV YK dalam menyiapkan mahasiswa sebagai kader Belanegara," jelasnya.

PKKBN menjadi langkah awal pengenalan UPNV YK sebagai kampus Belanegara. Mahasiswa akan dikenalkan tentang betapa pentingnya Belanegara. Serta beberapa unsur di dalamnya, yakni cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban, dan memiliki kemampuan fisik yang baik. 

Sebagai kakak asuh persiapannya harus selangkah lebih maju daripada mahasiswa yang akan diasuhnya. Sehinga PKKBN ini bisa berjalan dangan baik dan lancar. Kakak asuh harus lebih tahu dan paham tentang Belanegara daripada adik asuhnya.

"Kopassus merupakan salah satu pasukan elite di Indonesia yang tentu nilai Belanegara dan kecintaan pada tanah air tidak perlu diragukan lagi. Kopassus dikenal sebagai pasukan elite yang kesetiaannya pada negara sangat kuat. Para kakak asuh akan belajar di Kopassus, dan diharapkan ilmunya bisa ditularkan kepada adik-adik asuhnya," ungkapnya.

Nilai-nilai Belanegara diharapkan bisa menjadi pemersatu bangsa, di tengah berbagai perubahan dan tantangan yang begitu cepat. "Mahasiswa harus siap menghadapi berbagai perubahan dan juga memanfaatkan berbagai peluang yang muncul," lanjutnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Perencanaan UPN Veteran Yogyakarta, Dr. Singgih Saptono, MT menyampaikan harapannya “Diharapkan, dengan pendidikan dan pelatihan yang komprehensif ini, kakak asuh UPN Veteran Yogyakarta akan menjadi pemimpin masa depan yang tangguh dan berintegritas tinggi. Mereka akan membawa semangat dan inspirasi kepada mahasiswa baru, membantu mereka tumbuh dan berkembang dalam lingkungan akademik UPN Veteran Yogyakarta,” terang Warek 3.

Komandan Latihan (Danlat), Letnan Puji Haris mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk membentuk karakter kedisiplinan mental, fisik bagi para kakak asuh. Juga membentuk kerjasama tim, kekompakan, seta jiwa Kostrad. Diharapkan melalui pelatihan ini bisa meningkatkan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan, motivasi, dan semangat pantang menyerah.

"Pada kesempatan ini saya selaku Komandan Grup 2 Kopassus serta seluruh warga Grup 2 Kopassus, mengucapkan selamat datang di Kesatrian Slamet Riyadi," ucapnya.

Salah satu ketua kakak asuh, Yogi menyambut baik pelatihan ini. " Saya sangat senang dapat mengikuti pelatihan ini. Saya merasa lebih siap dan percaya diri dalam memberikan pendampingan kepada mahasiswa baru UPN Veteran Yogyakarta  yang akan dilaksanakan tgl. 12 s d 19 Agustus 2023," ujarnya.