Alumni UPN Veteran Yogyakarta Menjadi Narasumber PKKBN 2023, Ajak Mahasiswa Aktif Berorganisasi

  • Senin 14 Agustus 2023 , 09:09
  • Oleh : Dewi
  • 1258
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA — Ketua Ikatan Alumni Fakutas Pertanian (IKAPERTA) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNV YK), Dr. Ir. Bambang Soepijanto, M.M, IPU menjadi narasumber dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) Tahun 2023, di Fakultas Pertanian UPNV YK, Senin (14/8/2023). Para peserta antusias mengikuti kegiatan ini dan aktif bertanya kepada narasumber.

Di hadapan mahasiswa baru dia memberikan semangat agar selalu serius dalam belajar dan aktif berorganisasi. Menurutnya Gen Z memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, kemampuannya juga melampaui Generasi Baby Boomer.

Meski demikian beberapa nilai harus tetap dipegang oleh mahasiswa UPNV YK. Di antaranya memiliki kecintaan pada NKRI, memiliki kepedulian kepada masalah sosial, mau dan mampu menanamkan semangat kebangsaan, serta meyakini dan menjaga ideologi Pancasila.

"Beberapa orang berpandangan jika Gen Z adalah generasi yang memiliki berbagai kekurangan. Namun pandangan ini bisa dimentahkan dengan menjadi mahasiswa yang baik, patuh pada perkuliahan, kepada orang tua. Sehingga tidak lagi dipandang sebagai generasi yang abai," ucapnya.

Selain serius di dalam perkuliahan, Bamabang juga menyarankan agar mahasiswa baru UPNV YK tidak lupa aktif di organisasi. Sebab melalui organisasi akan membentuk mahasiswa yang biasa berpendapat dan menerima pendapat orang lain.

Menurutnya karakter perlu dimiliki mahasiswa agar tidak gagap jika berhubungan atau bahkan bernegosiasi dengan siapapun. Meski aktif berorganisasi dia meminta agar mahasiswa tetap memprioritaskan kuliah. Sehingga keduanya bisa berjalan beriringan.

"Pandai saja belum cukup, mahasiswa juga harus bisa bernegosiasi. Kemampuan ini bisa didapatkan dengan aktif berorganisasi. Sehingga saat berhadapan dengan siapapun tidak minder dan lebih berani," ucapnya.

Melalui berorganisasi mahasiswa akan terbentuk menjadi problem solver. Menjadi orang yang lebih siap menghadapi masalah kedepannya. Sebab dunia kerja yang akan dihadapi setelah lulus jauh lebih kompleks dari dunia kampus. Di kampus mahasiswa masih ada panduan dan arahan yang bisa diikuti.

"Antara kuliah dan berorganisasi harusnya paralel. Organisasi memperkaya diri kita, membentuk kita sebagai problem solver pada dunia nyata yang akan kita hadapi setelah kuliah. Kuliah masih dipandu, nanti dunia nyatanya tidak seperti itu."

Lebih lanjut dia menyampaikan, UPNV YK merupakan kampus Belanegara. Sehingga dalam dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang terdiri dari Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian kepada masyarakat dilandasi nilai-nilai Belanegara.

"Kami harapkan para generasi muda ini bisa cinta tanah air, kritis, dan juga kreatif. Juga selalu bersungguh-sungguh dalam mendorong kemajuan bangsa Indonesia dilandasi nilai Belanegara," lanjutnya. (*)