Borong Piala, UKM MB UPNYK Dominasi Kompetisi Asian Music Games 2023

  • Senin 16 Oktober 2023 , 10:25
  • Oleh : Dewi
  • 1090
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Anggota MB UPNYK (kanan) saat menerima medali kompetisi Asian Music Games 2023. Sumber: MB UPNYK

INFOUPNYK-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Marching Band Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (MB UPNYK) kembali mengharumkan nama UPNYK di kancah internasional. MB UPNYK berhasil memborong gelar juara melalui kompetisi Asian Music Games 2023 yang dilaksanakan di Jember pada Jumat (22/9/2023) hingga Minggu (24/9/2023).

Hasil gemilang tersebut berhasil diraih dengan MB UPNYK dengan program latihan reguler yang rutin ditambah Training Center selama tiga minggu berturut-turut di hari Jumat-Minggu. Tito, Ketua MB UPNYK mengatakan hasil yang dicapai MB UPNYK sudah sesuai dengan yang mereka targetkan pada saat program Training Center menuju Asian Music Games 2023.

"Kita mengikuti 5 Kategori di Asian Music Games diantaranya Marching Field Show (FullBand Display), Ensemble Percussion, Ensemble Colour Guard, Music Battle (Brass Battle), dan, Street Parade, dimana empat dari kategori tersebut kami berhasil mendapat juara," ujarnya.

Kendati demikian, Tito menambahkan ia dan tim MB UPNYK memang lebih menitik beratkan ke kategori Marching Field Show sebagai kategori Utama pada Asian Music Games 2023.

"Sebenarnya semua kita fokus kan tetapi lebih condong ke Marching Field Show Fullband karena komposisi player sendiri kategori itu terbanyak, sebagai hasilnya kami keluar sebgaai juara pertama pada kategori itu," tambah Ketua MB UPNYK itu.

Capaian yang telah diukir MB UPNYK tersebut juga berkat tema unik yang Tito dan timnya bawakan saat Asian Music Games 2023. Tito mengungkapkan, tema "Kalawet" yang mereka bawakan menjadi pembeda dengan tim lainnya karena membawakan pesan keanekaragaman hayati yang dikemas dengan musik serta visual yang membuat juri terpukau.

"Kalawet sendiri adalah salah satu organisasi yang bergerak untuk mendukung keanekaragaman hayati dan satwa. Namun, tujuan utama organisasi Kalawet adalah menyelamatkan satwa Owa Kalimantan dari ancaman kepunahan. Kita ingin menunjukan kepada dunia bahwa hewan Owa sendiri sudah terancam punah dan mari kita menjaga satwa yang ada di Indonesia," ungkapnya saat wawancara.

Sementara itu Edwi Arief Sosiawan selaku Pembina UKM MB UPNYK pun mengatakan bahwa kategori Marching Field Show adalah momen yang paling mengesankan penonton pada ajang Asian Music Games 2023.

"Selain divisi juga full band. Yang mengesankan penonton adalah penampilan MB UPNYK saat Marching Field Show," ujar Dosen Jurusan Komunikasi tersebut.

Edwi berharap kompetisi Asian Music Games 2023 dapat menjadi tolok ukur kemampuan dan keterampilan tim MB UPNYK dalam kompetisi-kompetisi lainnya di kancah Internasional.

"Selain itu, capaian ini menjadi ajang promosi UPNYK untuk mendukung tercapainya indikator kinerja utama (IKU) yg telah ditetapkan oleh Kemendikbud ristek," tambah Edwi.

Pada kompetisi internasional yang diselenggaran oleh Asian Marching Band Confederation tersebut MB UPNYK berhasil membawa pulang deretan piala, antara lain:

1. Juara 1 Marching Field Show (FullBand Display)
2. Juara 1 Marching Field Show Kategori Best Music
3. Juara 1 Marching Field Show Kategori Best Visual
4. Juara 1 Brass Battle
5. Juara 2 Percussion Ensemble
6. Juara 2 Percussion Ensemble Kategori Best Music
7. Juara 2 Percussion Ensemble Kategori Best Effect
8. Juara 3 Street Parade Kategori Best Costume

(dimas)

Untuk melihat prestasi lain dari Marching Band UPNYK bisa kunjungi laman berikut:
MB UPNYK Langgam Indonesia Virtual ke-34 2022

MB UPNYK PORSIMNAS WIMAYA 2022

MB UPNYK Langgam Indonesia Virtual ke-33 2021