Dua Mahasiswa Agribisnis Menjadi Presenter Di Taiwan

  • Jumat 16 November 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1036
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Dua mahasiswa Prodi Agribisnis UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) berpartisipasi dalam The 5th GEAR-UP Forum (Global Ecology, Agriculture and Rural Uplift-Programs) di Taiwan, pada tanggal 10-15 November 2018. Mereka adalah Linda Eka Farhana (2015) dan Maria Nina Egyna Brahmana (2016) telah lolos dalam tahap seleksi administrasi dan seleksi abstrak penelitian sebelumnya.

Linda meneliti upaya memperpendek rantai pasok pada agroindustri kakao, sedangkan Egyna mengangkat isu ketahanan pangan. Pada konferensi tersebut, kedua mahasiswa ini berkesempatan mempresentasikan karya mereka di hadapan seluruh delegasi dari berbagai negara.

The 5th GEAR-UP Forum adalah sebuah konferensi tingkat Internasional di bidang pertanian dalam arti luas. GEAR-UP Forum sudah diselenggarakan sejak tahun 2014 oleh The National Chung Hsing University (NCHU) dan Texas A&M Agrilife Research of The Texas A&M University.

Tahun ini forum tahunan tersebut mengangkat tema “The GEAR-UP Initiative for Regional Agricultural Collaborations in Southeast Asia and Beyond”. Tema ini dijabarkan lagi dalam 5 (lima) sub tema, yaitu Smart Agriculture and Plan Biotechnology, Smart Rural Development and Environmental Management, Veterinary Medicine and Animal Science, Biosensor dan Taiwan New Southbound Agricultural Alliance Performance.

Keynote Speaker dalam konferensi ini adalah Mr. Vincent Lin (Deputy Director General, Department of International Affairs, Council of Agriculture, Excecutive Yuan, Taiwan). Selain Keynote Speaker yang datang dari kalangan pemerintah, Invited Speaker pada konferensi ini juga berasal dari akademisi dan praktisi, mulai dari Professor of Horticultural Sciences and Regional Director for Asia, Borlaug Institute for International Agriculture at Texas A&M University USA, Chair Professor of Department of Plant Pathology, National Chung Hsing University Taiwan, Excecutive Director of The Asia-Pacific University-Community Engagement Network, Professor and Dean in The Faculty of Environmental and Natural Resources, Nong Lam University Vietnam, Rektor Institut Pertanian Bogor dan Dean of Central Bicol State University of Agriculture Philippines.

Selain presentasi, acara konferensi The 5th GEAR-UP Forum dilengkapi dengan Filed Trip. Seluruh delegasi dari berbagai negara mengunjungi World Floral Exposition-Waipu Expo Site. Waipu Expo Site merupakan pameran industry pertanian terbesar di Taiwan dengan tema Flower and Produce Village. Di dalam Waipu Expo Site terdapat Exhibition Halls yang berisi Harvest Blessings Pavilion dan Agri-Tech and Conservation Pavilion. Kedua mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta menimba banyak ilmu dari rangkaian acara konferensi ini yang semoga dapat berguna bagi dirinya sendiri, masyarakat sekitar dan tentunya untuk Bangsa Indonesia. (Linda Eka Fahrana/Agribisnis)