FISIP UPN VETERAN YOGYAKARTA GELAR SOSIALISASI PENGGUNAAN PORTAL ONLINE

  • Senin 11 Juli 2022 , 11:05 AM
  • Oleh : Dewi
  • 825
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman -- Divisi Advokasi Himpunan Mahasiswa Hubungan Masyarakat Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVYK) gelar acara “Bincang Online Advokasi” dengan mengangkat tema “Malu Bertanya, Sesat di Website.”  Acara diadakan secara daring melalui platform Zoom Meeting pada Selasa (05/07/2022). Bincang online ini menghadirkan dua orang pembicara yaitu Asep Saepudin selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan Naufal Aziz selaku Kepala Departemen Advokasi Badan Eksekutif Mahasiswa  (BEM) FISIP.

 

Pada awal paparannya, Naufal Aziz menyampaikan tujuan diadakannya acara bincang online.  “Banyak mahasiswa FISIP yang belum mengetahui adanya portal FISIP. Maka dari itu, Advokasi BEM FISIP yang bersinergi dengan Advokasi Himpunan Jurusan lain setuju untuk mengadakan sosialiasi dalam rangka menunjang akademik,” tuturnya.

 

Sebagai pembuka, Asep menyampaikan komitmen seluruh jajaran Fakultas untuk melakukan digitalisasi. “Sejak pandemi, kebijakan FISIP mulai dari kepala jurusan, jajaran Dekanat, hingga pimpinan Dekanat berkomitmen untuk menjadikan segala proses pembelajaran dan layanan kampus tidak lagi manual, melainkan akan berbasis digital menggunakan sistem informasi dan aplikasi,” ungkapnya. Sistem online FISIP sendiri bermula dari inisiasi Asep untuk meningkatkan efektivitas bimbingan skripsi melalui penyediaan aplikasi. Pada tahun 2019, FISIP merupakan fakultas pertama di tingkat UPNVYK yang memiliki sistem informasi selengkap saat ini. Untuk diketahui bahwa pengembangan sistem informasi FISIP kini telah mencapai tahap ke-5.

 

Berdasarkan keterangan Asep, FISIP telah memiliki 3 portal yaitu Sistem Layanan Akademik Mahasiswa (SIYANMA), Sistem Informasi Prestasi Mahasiswa (SIPRESMA), dan Sistem Informasi Layanan Organisasi Mahasiswa (SILOMA). SIYANMA berfungsi sebagai website yang dapat membantu mahasiswa mengurus sistem administrasi akademik seperti izin penelitian, izin magang, Surat Keterangan Lulus, permohonan cuti dan pemulihan status, penerbitan Surat Keterangan Pendamping Ijazah, dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. SIYANMA  juga dapat digunakan sebagai tempat pembimbingan skripsi secara online mulai dari pengajuan judul skripsi hingga pendaftaran ujian/seminar proposal dan sidang skripsi. SIYANMA dapat diakses dengan meng-input Nomer Induk Mahasiswa untuk login dan menggunakan pin yang sama dengan pin CBIS.

 

Lebih lanjut, Asep menjabarkan penggunaan Portal Sipresma dan Siloma. Portal SIPRESMA adalah wadah untuk mengetahui prestasi mahasiswa baik itu di bidang akademik maupun non-akademik. Mahasiswa dapat melaporkan prestasi yang diraih baik itu prestasi lomba yang mencakup tingkat wilayah, provinsi, nasional, dan internasional serta prestasi non-lomba yang mencakup karya ilmiah, wirausaha, pertukaran mahasiswa, pengabdian masyarakat, dan rekognisi. Sementara SILOMA hanya dapat diakses oleh pengurus Organisasi Kemahasiswaan untuk melaksanakan kegiatan kemahasiswaan. SILOMA digunakan untuk mengurus izin kegiatan yang dapat digunakan oleh wadek III, izin tempat yang dapat digunakan oleh wadek II, jadwal kegiatan, dan laporan kegiatan.

 

Untuk dosen beserta tenaga pendidik, FISIP memiliki website Sistem Informasi Layanan Dosen dan Tenaga Kependidikan (SILADOS+) dan Sistem Informasi Kinerja FISIP (SIJAFIS). “Saat ini semua dosen dan tenaga pendidik harus mengumpulkan bukti bahwa mereka telah berkinerja, maka dosen dan tenaga pendidik dapat mengajukan surat tugas secara daring melalui portal SILADOS+,” tutur Asep. Sementara SIJAFIS digunakan sebagai database untuk memudahkan sistem akreditasi fakultas agar paperless dan mudah untuk mengakses data.

 

Sebagai penutup, Asep menyampaikan fungsi masing-masing website secara keseluruhan. “Untuk program MBKM pada tingkat universitas, mahasiswa dapat menggunakan Computer Based Information System (CBIS) dan SPADA WIMAYA. Presensi pembelajaran nantinya direncanakan akan menggunakan SPADA WIMAYA agar dapat dilakukan secara daring meskipun sistem pembelajaran dilaksanakan secara luring.”

Previous Next