FTI UPN VETERAN YOGYAKARTA DUKUNG PROGRAM MBKM MELALUI KEGIATAN PENGABDIAN

  • Sabtu 27 November 2021 , 10:31 AM
  • Oleh : Dewi
  • 1794
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman—Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASISFO) Prodi Sistem Informasi Fakultas Teknik Industri UPN “Veteran” Yogyakarta gelar webinar pengabdian masyarakat bertajuk “Character Building: Let’s Contribute to Make a Change”  pada Sabtu (27/11/2021). Webinar tersebut dilaksanakan secara online menggunakan platform Zoom Meeting dengan menghadirkan Yoel Sawi’eo, seorang volunteer Indonesia, sebagai pembicara.

 

Septia Afri Yenda atau biasa dipanggil Nanda  selaku ketua pelaksana dari webinar pengabdian masyarakat mengungkapkan tujuan dari webinar tersebut adalah untuk memotivasi dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap masyarakat di tengah pandemi. “Karena terbatasnya tatap muka, aksi sosial di tengah masyarakat menjadi berkurang. Seharusnya ini menjadi tantangan untuk tetap meningkatkan kepedulian kita terhadap masyarakat meskipun melalui media sosial,” jelas Nanda.

 

Nanda juga menyampaikan bahwa dirinya merasa bersyukur karena banyak partisipan yang antusias dalam mengikuti webinar pengabdian masyarakat. Ia berharap peserta dapat memperoleh pengetahuan dan termotivasi untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat di tengah masa pandemi.

 

Yoel Sawi’eo selaku pembicara membagikan materi mengenai apa yang harus disiapkan untuk mendaftar sebagai volunteer seperti CV, program kerja dan sertifikat pendukung. Ia juga menyampaikan bahwa menjadi volunteer berarti suka dan rela. “Kita harus suka dan siap terjun ke lapangan. Selain itu kita juga harus rela berkorban, baik berkorban waktu maupun berkorban secara materil,” paparnya.

 

Yoel juga memberikan saran bagi mereka yang motivasinya dalam mengabdi kepada masyarakat tiba-tiba hilang di tengah jalan. Caranya adalah dengan memupuk kembali komitmennya saat pertama kali mendaftar sebagai volunteer. “Menjadi volunteer atau relawan itu cukup dengan memiliki komitemen. Kalau motivasi kalian hilang di tengah jalan, ingatlah bahwa dengan menjadi volunteer kita bisa mempelajari banyak hal baru, kita dapat memperluas jaringan relasi dan juga merupakan salah satu upaya untuk personal branding kita,” ungkap Yoel menutup penjelasannya.

 

Previous Next