Goes To Campus, UPNVY Bersama IDN Media Kembangkan Potensi Jurnalistik Mahasiswa Pada Era Digital

  • Kamis 30 Mei 2024 , 08:28
  • Oleh : Admin
  • 519
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK – Selenggarakan sosialisasi terkait manfaat Search Engine Optimization (SEO) pada bidang jurnalistik, UPNVY bersama IDN Media kembangkan potensi jurnalistik mahasiswa pada era digital. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait dampak dari SEO pada bidang jurnalistik pada era digital sekarang kepada mahasiswa yang memiliki minat pada bidang tersebut. Diikuti 300 peserta, sosialisasi ini diselenggarakan pada Rabu, 29 Mei 2024 di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPNVY.

Ida Wiendijarti, M. Si selaku Kepala Jurusan Ilmu Komunikasi UPNVY sangat mengapresiasi sosialisasi terkait manfaat SEO pada jurnalistik era digital dari IDN Media serta menyampaikan harapannya agar sosialisasi tersebut dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan potensinya di bidang tersebut. “Harapan kita berada di ruang ini untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana perspektif jurnalistik dan SEO bisa kita optimalkan pada era digital saat ini,” Ujar Ida.

IDN Media sendiri sosialisasikan manfaat SEO terhadap jurnalistik pada era digital, dimana dalam dunia digital sendiri SEO bertujuan mengoptimisasi suatu website dengan memudahkan pencarian berdasarkan kata kunci yang dituliskan sehingga langsung tertuju pada laman yang mengandung keyword yang dicari. Hal ini mempermudah penulis dalam membuat konten karena bisa menerapkan SEO untuk membuat artikel yang relevan dan menarik.

Paulus Risang selaku Editor IDN Times Jogja, menyampaikan dalam membuat konten biasanya yang pertama tidak hanya membuat konten yang menarik tapi selalu menjunjung prinsip seperti kesetaraan gender, tidak mengandung perundungan dan penghinaan SARA, serta tidak mengacu pada kekerasan seksual. “Dari situ biasanya kami gunakan untuk membuat konten di IDN Media, contohnya seperti kita tidak membuat judul yang mengarah pada fisik seseorang seperti contohnya dosen cantik dan sebagainya, tapi yang kami buat adalah prestasi dari orang tersebut agar sesuai dengan prinsip kami dan menarik untuk dibaca,” Ujar Paulus.

Dalam kesempatan yang sama Nadia Agatha selaku SEO Editor IDN Media mengatakan dalam membuat konten selain membuat konten positif dengan menjunjung prinsip-prinsip sebelumnya tapi juga mengerti topik apa yang akan diangkat dan audiencenya nanti. Dimana dalam dunia SEO untuk membuat konten bisa menerapkan Search Inten yaitu memahami target konten untuk menciptakan konten yang relevan dan bagaimana menyampaikan konten tersebut agar sampai dan disukai audiencenya. “Jadi kita mengenal user itu maunya apasih dan sasarannya siapa, nah dari situ baru kita menentukan topik yang sesuai dengan sasarannya,” Ujarnya.