UPNYK kembangkan jiwa wirausaha mahasiswa melalui Veteran Fun Exhibition 2024

  • Selasa 04 Juni 2024 , 08:31
  • Oleh : Admin
  • 426
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

UPT Pengembangan Karier dan Kewirausahaan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) bersama UKM Interdisciplinary Scientific Research (ISR) berkolaborasi menyelenggarakan acara "Veterann Fun Exhibition 2024" yang diadakan di Auditorium WR Supratman, Kampus Condongcatur UPNYK, Selasa 4 Juni 2024. Acara ini terdiri dari bazar kewirausahaan dan seminar bisnis, memfasilitasi  mahasiswa  mempraktikkan ilmu kewirausahaan yang telah dipelajari di bangku kuliah.

            Acara ini diresmikan oleh Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta, Prof. Dr. Moh Irhas Effendi, M.Si. Dalam sambutannya, Rektor menekankan pentingnya nilai bela negara yang diimplementasikan melalui pendidikan kewirausahaan di UPNYK. "Salah satu indikator kelulusan mahasiswa UPNYK adalah lulusan yang berwirausaha mendapat penghasilan bersih 1,2 kali UMR. Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah wirausahawan di Indonesia yang saat ini baru mencapai 3,45%, tertinggal jauh dari negara-negara ASEAN lainnya," ujar Irhas.

Veteran Fun Exhibition menghadirkan bazar yang menjadi ajang praktik langsung bagi mahasiswa UPNYK sebagai penerapan langsung Mata Kuliah Kewirausahaan. Beragam produk hasil kreativitas mahasiswa dipamerkan dan dijual dalam bazar ini, memberikan pengalaman nyata dalam mengelola usaha, berinteraksi dengan pelanggan, dan menerapkan strategi pemasaran.

Selain bazar, acara ini juga menyelenggarakan seminar bisnis. Mengusung tema “Creating Success in Business Branding and Marketing”, seminar ini menghadirkan dua pembicara sukses: Jody Broto, CEO dan Founder Waroeng Steak and Shake, serta Farah Faziyyah, Founder Zakwoow Style. Keduanya berbagi pengalaman dan strategi dalam membangun dan mengembangkan brand serta memasarkan produk mereka.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti seminar, Rauf Karim mengaku sangat senang dan merasa terinspirasi setelah mengikuti keseluruhan acara. "Talkshow-nya inspiratif karena yang diundang benar-benar pembicara yang punya jiwa entrepreneur dan membangun bisnisnya dari nol. Jadi, kita semua bisa belajar bahwa setiap niat yang kita lakukan untuk bisnis itu memang bisa dimulai dari nol," ungkap Rauf yang juga merupakan Ketua Umum UKM ISR UPN “Veteran” Yogyakarta.

Rauf juga memuji kolaborasi antara seminar dan bazar dalam acara ini. "Menurut aku, ini sudah sempurna. Seminar dan bazar benar-benar kolaborasi yang cocok. Jadi, saat belajar bisnis, selain dapat praktik, juga dapat ilmu dari seminar," tambahnya.

Kedepannya Veteran Fun Exhibition diharapkan dapat terus menjadi wadah yang berkelanjutan bagi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan kewirausahaan, serta memberi inspirasi dan pengalaman nyata menjadi wirausahawan. Melalui acara ini UPN “Veteran” Yogyakarta berkomitmen berkontribusi pada peningkatan jumlah wirausahawan di Indonesia menyongsong cita cita bersama Indonesia Emas 2045.