Goes To Campus, UPNVY dan IMIP Gandeng Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi Kembangkan Talenta Mahasiswa

  • Selasa 04 Juni 2024 , 09:21
  • Oleh : Admin
  • 503
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK – Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) selenggarakan sosialisasi terkait beasiswa, penerimaan magang dan rekrutmen karyawan PT IMIP. Guna menggali talenta mahasiswa UPNVY terkait industri mineral dan logam di Indonesia, beasiswa dan informasi terkait magang serta rekrutmen karyawan pada PT IMIP mencakup bidang industri, mineral, logam, mesin, elektro, dan juga kimia. IMIP berupaya agar mahasiswa yang berpotensi dalam bidang tersebut dapat termotivasi dan melihat prospek pekerjaan kedepannya. Sosialisasi diselenggarakan pada Senin, 3 Juni 2024 bertempat di Ruang Seminar Fakultas Teknologi Mineral (FTM) UPNVY.

Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si selaku rektor UPNVY menyampaikan bahwa UPNVY menyambut hangat PT IMIP terkait usaha menggali potensi mahasiswa untuk hilirisasi industri mineral - logam di Indonesia serta menyampaikan harapannya agar sosialisasi tersebut dapat meningkatkan pengetahuan terkait sektor tersebut dan menjadi gerbang kerjasama yang baik. “Kami ucapkan terima kasih dan selamat datang kepada PT IMIP di UPNVY, kami siap mensupport dalam pembangunan nasional berbasiskan kompetensi yang kita punya,” Ujar Irhas.

Bimo Wijayanto, Ph. D selaku Asisten Deputi Kemenko Marves sekaligus narasumber menyampaikan bahwa sosialisasi ini dilaksanakan sebagai upaya menyiapkan generasi penerus industri di Indonesia. “Kami mempersiapkan kalian agar bisa lebih baik dari kami, terlebih tantangan generasi kalian di era sekarang lebih berat dari tantangan kami. Harus kreatif, lebih cepat dari AI dan bersaing dengan mesin,” ucap Bimo.

Narasumber menyampaikan dalam mendukung suksesnya hilirisasi industri, semua harus menguasai ilmu dan tantangannya terlebih dahulu. Banyaknya sumber daya mineral di Indonesia menjadi alasan pentingnya pembekalan kemampuan generasi penerus agar dapat mencapai kesuksesan hilirisasi. “Kita semua punya sumber energi, tapi kita belum memahami strateginya. Ketika kita sudah memahaminya, kita bisa bangun terus industrinya baik dari hulu sampai hilirnya agar bisa dirasakan oleh rakyat,” Ujarnya.

Selain itu Bimo juga menyampaikan dengan diterapkannya kemampuan menggunakan ilmu mengelola sumber daya dan menghadapi tantangan yang ada terutama pada era sekarang, diharapkan generasi penerus dari para mahasiswa bisa memaksimalkan pengelolaan sumber daya yang ada di Indonesia. Menerapkan ilmu dan strategi untuk mencapai hilirisasi industri di Indonesia yang sukses dengan memulai langkah sejak mahasiswa.

Dengan adanya sosialisasi Kemenko Marves ini disertai informasi beasiswa dan rekrutmen magang serta karyawan PT IMIP, diharapkan menjadi langkah awal membentuk generasi penerus hilirisasi industri di Indonesia terutama pada bidang mineral dan logam.