Tim Pengabdian Bagi Masyarakat UPN

  • Minggu 02 Juni 2024 , 08:42
  • Oleh : Admin
  • 593
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

InfoUPNYK- Tim Pengabdian Bagi Masyarakat (PbM) dari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) melakukan kunjungan ke UMKM Batik Kayu Sangkawan di Krebet, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 1 Juni 2024. Kunjungan ini merupakan bagian dari program rutin pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk mendukung pengembangan UMKM lokal dan keberlanjutan usaha kecil di berbagai wilayah, termasuk Bantul.

UMKM Batik Kayu Sangkawan terkenal dengan produk kayu yang dihiasi motif batik dan gambar artistik, memadukan seni batik tradisional dengan bahan kayu yang ramah lingkungan. Sambutan hangat dari pemilik UMKM, Bapak Agus Jati Kuncoro, membuka kunjungan ini, yang dilanjutkan dengan penjelasan tentang proses produksi dan inovasi yang diterapkan untuk menciptakan produk berkualitas tinggi.

Tim PbM UPN "Veteran" Yogyakarta, yang terdiri dari Dr. Ida Wiendijarti, Virginia Ayu Sagita, M.Ikom, serta dipimpin oleh Oliver Simanjuntak, M.T., didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah Komunikasi Pemasaran Terpadu, Yenni Sri Utami, M.Si., dan Yudhy Widya Kusumo, M.A., turut menyaksikan langsung proses pembuatan batik kayu. Mulai dari pemilihan kayu, pembuatan motif batik, hingga proses finishing produk.

Ketertarikan tim PbM terhadap metode inovatif yang digunakan oleh UMKM Batik Kayu Sangkawan untuk mempertahankan warisan budaya batik dan memberikan nilai tambah pada produk kayu sangat besar. Mereka juga membahas berbagai tantangan yang dihadapi oleh UMKM ini, seperti persaingan pasar dan keterbatasan akses teknologi canggih.

Dalam sesi diskusi, Bapak Agus Jati Kuncoro berbagi ide dan strategi untuk meningkatkan daya saing dan penetrasi pasar. Beberapa saran yang diajukan antara lain pengembangan e-commerce, penggunaan media sosial untuk promosi, serta peningkatan kualitas produk melalui pelatihan dan workshop. Tim PbM juga tertarik mendalami aspek digitalisasi dalam komunikasi pemasaran terpadu dan mempelajari proses pemasaran offline yang telah dilakukan oleh UMKM Batik Kayu Sangkawan.

Sebagai tanda penghargaan atas kerjasama dan sambutan hangat, tim PbM memberikan cinderamata kepada pemilik UMKM Batik Kayu Sangkawan. Diharapkan melalui kegiatan ini, kolaborasi antara UPN "Veteran" Yogyakarta dan UMKM lokal seperti Batik Kayu Sangkawan dapat berlanjut, memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, serta mendukung kemajuan ekonomi lokal Yogyakarta.

Tim Pengabdian Bagi Masyarakat UPN "Veteran" Yogyakarta berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM dan perekonomian lokal melalui berbagai program berkelanjutan. Kunjungan dan survei seperti ini akan terus dilakukan guna memastikan UMKM lokal dapat berkembang dan bersaing di pasar yang lebih luas.