Hari Ini, Pengumuman SNMPTN

  • Selasa 17 April 2018 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1272
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – Sebanyak 13.957 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 mendaftar di UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY). Tahun sebelumnya di jalur seleksi yang sama tercatat sebanyak 12.734 peserta, dengan daya tampung 681 mahasiswa.

Pengumuman hasil SNMPTN 2018 rencana akan dilaksanakan hari ini, Selasa (17/4/2018). Pengumuman dapat diakses seluruh peserta melalui laman resmi SNMPTN di http://pengumuman.snmptn.ac.id, setelah pukul 17.00 WIB.

Wakil Rektor Bidang Akademik UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), M. Irhas Efendi, Selasa (17/4/2018) mengatakan pengumuman selain di web resmi SNMPTN dapat dilihat pada laman www.upnyk.ac.id atau pmb.upnyk.ac.id dan media cetak lokal pada tanggal 18 April 2018.

“Tahun ini pendaftar lebih banyak dari sebelumnya. Daya tampung SNMPTN 2018 yaitu sebanyak 911 mahasiswa. Sebanyak 139 merupakan peserta bidikmisi,” kata Irhas di Kampus UPN Condong Catur.

Proses penggunggahan data akademik oleh peserta dilakukan secara online pada tanggal 18 – 23 April 2018. Dokumen yang diunggah yaitu identitas diri, nilai raport, Kartu Keluarga, penghasilan orang tua, dll. Verifikasi dokumen peserta atau pendaftaran ulang peserta dilaksanakan di PTN masing-masing pada 8 Mei 2018 bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018.

“Proses verifikasi ini dilakukan dengan membandingkan data yang sudah diunggah secara online dengan dokumen fisik. Perserta harus datang langsung saat verifikasi. Bagi yang tidak hadir akan didiskualifikasikan,” tegas Irhas.

Siswa yang tidak lolos SNMPTN tidak perlu cemas, karena masih ada dua jalur penerimaan PTN lainnya, yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri dari PTN terkait.

SBMPTN ini merupakan seleksi masuk PTN yang selama ini dikenal secara umum, yakni menggunakan nilai ujian tertulis yang diselenggarakan serentak oleh semua PTN. Di SBMPTN, variabel nilai semasa SMA tidak diperhitungkan, yang diperhitungkan adalah nilai dari hasil ujian tulis masuk PTN di hari-H seleksi. (dewi/humas)