HMTA UPNVY Veteran Kembali Gelar Youth Mining Camp Competition

  • Sabtu 20 April 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1835
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

TRIBUNJOGJA.COM - Untuk ketiga kalinya, Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional (HMTA UPN) Veteran Yogyakarta akan mengadakan Youth Mining Camp Competition 2019, pada 29 April- 4 Mei mendatang. Berbeda dengan kompetisi yang diadakan oleh kampus lain, kompetisi ini memiliki konsep berlomba sambil berkemah, yang mana para peserta akan diinapkan di bumi perkemahan yang ada di desa wisata Tinalah, Purwoharjo, Samigaluh selama perlombaan berlangsung Ramadhana Adi Rusyada, Ketua Panitia menjelaskan nantinya akan ada 11 Mining Competition yang keseluruhannya berhubungan dengan tambang.

Kesebelas perlombaan tersebut antara lain Written Test, DCP, Rock ID, Bench Blast, Tie In, Crushing and Grinding, Mine Surveying, Software, Planning, Hand Mucking, serta Joint Measuring. Selain itu, juga akan diadakan Micromine Competition, Student Paper Competition, Debate Competition, Mining Expo yang bertempat di Kampus UNP Veteran Yogyakarta serta Seminar Nasional yang akan diadakan di Hotel Merapi Merbabu.

"Jadi semua perlombaan tentang pertambangan kita adakan disini. Apa yang kita pelajari di dunia perkuliahan kita praktekkan di sini. Bedanya dengan kampus lain, kita pada siang hari melakukan perlombaan dan malamnya akan camp di tenda. Selain itu, yang terbaru dan baru pertama di Indonesia, kita bekerjasama dengan Micromine untuk mengadakan perlombaan software Micromine, yang merupakan software terbesar di Indonesia," ungkapnya.

Untuk peserta yang sudah terdaftar dalam Mining Games di bumi perkemahan ada 10 tim dari berbagai kampus yang ada di Indonesia. 1 tim terdiri dari 7 Players 1 Manager. Sedangkan untuk Micromine Competition akan diikuti oleh kampus yang sudah memiliki software Micromine, dimana di Indonesia belum semua kampus sudah memiliki software tersebut.


"Peserta Mining Games khusus jurusan Teknik Pertambangan dari berbagai kampus. Sedangkan untuk Student Paper Competition dan Debate Competition bisa dari berbagai jurusan, namun perlombaan masih akan membahas pertambangan. Dari sana kita ingin melihat seperti apa tambang ketika dilihat dari sisi jurusan lain. Kita juga ingin mengenalkan tentang tambang kepada jurusan lain," katanya.(tribunjogja)



Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul HMTA UPN Veteran Kembali Gelar Youth Mining Camp Competition, http://jogja.tribunnews.com/2019/04/19/hmta-upn-veteran-kembali-gelar-youth-mining-camp-competition.
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: has