Indonesia Arts And Cultural Scholarship 2016

  • Senin 16 Mei 2016 , 12:00 AM
  • Oleh : Ritta Humas
  • 762
UPN VETERAN Yogyakarta

Pemerintah Indonesia melalui Kementrerian Luar Negeri memberikan beasiswa kepada 70 pemuda dari 42 negara. Mereka adalah friends of Indonesia yang akan turut mempromosikan Indonesia di negaranya masing-masing. Program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) terdiri BSBI Reguler dan BSBI Kekhususan yang mempelajari tari dan musik tradisional, bahasa Indonesia, kearifan lokal dan keberagaman seni budaya melalui berbagai kegiatan.

“Pembukaan kegiatan dilaksanakan Senin (16/5) hari ini di UPN “Veteran” Yogyakarta sekaligus penyerahan peserta BSBI dari Kemenlu ke UPN “Veteran” Yogyakarta,” jelas  Kasubdit Sosial Budaya Direktorat Diplomasi Publik Kemenlu, Senin (16/5). Pembukaan BSBI akan dilakukan Rektor UPN Prof.Dr.Ir. Sari Bahagiarti K, M.Sc. Selama di Yogya, peserta akan belajar politik, sosial ekonomi dan budaya. Mereka juga belajar teknik menabuh gamelan dan  tari tradisional Jawa.

Dijelaskan, 2016 BSBI Program Reguler diikuti 60 peserta di Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar dan Makassar. Sedang BSBI Kekhususan bertema “Thousand Island Made in Heaven” diikuti 12 peserta dari 12 negara diselenggarakan di Prodi Hubungan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta.

Sebelumnya, dalam penerimaan dan pembukaan BSBI 2016 di Jakarta,  Direktur diplomasi public Kemenlu RI  mengharapkan para peserta dapat memanfaatkan waktunya selama di Indonesia untuk mempelajari seni dan budaya yang beraneka ragam sebaik mungkin. Sehingga akan lebih mengenal Indonesia yang berbeda-beda tetapi tetap satu, sesuai tema BSBI tahun ini yakni “Thousand Island Made Heaven”

Dilaporkan Direktur Diplomasi Publik Kemenlu sejak dimulainya BSBI 2013, telah dihasilkan 588 alumni yang tersebar di 58 negara. Mereka sampai sekarang turut mempromosikan Indonesia melalui berbagai kegiatan seni budaya di negaranya. BSBI 2016 diikuti sepuluh Negara antara lain Nauru, Suriname, Tiongkok, Korea Selatan, Vietnam, Brunei Darusalam, Kamboja, ,Jerman, Polandia, Belanda, Korea,Timor Leste  dan Malaysia.

Rektor Prof. Dr.Ir. Sari Bahagiarti K, M.Sc  menyambut baik dan berterimakasih sekali atas kepercayaan  Dirjen Diplomasi public Kemenlu RI yang telah menyerahkan ke 12  WNA sebagai penerima beasiswa  BSBI kekhususan yang nantinya akan  dididik dan diberikan pelajaran tentang seni, budaya, kearifan local dan berbagai  tari dan pelajaran lainnya tentang kekayaan budaya bangsa Indonesia oleh para dosen Prodi Ilmu Hubungan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta.

Previous Next