Indonesia Arts And Culture Scholarship 2015

  • Selasa 10 Maret 2015 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1833
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Pemerintah Indonesia melalui Kementrerian Luar Negeri memberikan beasiswa kepada 70 pemuda dari 42 negara. Mereka adalah friends of Indonesia yang akan turut mempromosikan Indonesia di negaranya masing-masing. Program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) terdiri BSBI Reguler dan BSBI Kekhususan yang mempelajari tari dan musik tradisional, bahasa Indonesia, kearifan lokal dan keberagaman seni budaya melalui berbagai kegiatan.

“Pembukaan kegiatan dilaksanakan Selasa (10/3) hari ini di UPN “Veteran” Yogyakarta sekaligus penyerahan peserta BSBI dari Kemenlu ke UPN “Veteran” Yogyakarta,” jelas Noor Syarif Raharjo dari Subdit Sosial Budaya Direktorat Diplomasi Publik Kemenlu, Selasa (10/3). Pembukaan BSBI akan dilakukan Rektor UPN Prof.dr. Sari bahagiarti K, M.Sc. Selama di Yogya, peserta akan belajar politik, sosial ekonomi dan budaya. Mereka juga belajar tari tradisional Jawa.

Dijelaskan, 2015 BSBI Program Reguler diikuti 60 peserta di Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar dan Makassar. Sedang BSBI Kekhususan bertema Indonesia Studies for Future Indonesianist diikuti 10 peserta dari 10 negara diselenggarakan di Jurusan Hubungan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta.

Sebelumnya, dalam penerimaan dan pembukaan BSBI 2015 di Jakarta,  Direktur diplomasi public Kemenlu RI Al Busro Basnur selaku Plt Sekretaris Jenderal Kemlu mengharapkan para peserta dapat memanfaatkan waktunya selama di Indonesia untuk mempelajari seni dan budaya yang beraneka ragam sebaik mungkin. Sehingga akan lebih mengenal Indonesia yang berbeda-beda tetapi tetap satu, sesuai tema BSBI tahun ini yakni Komunitas ASEAN tahun 2015

Dilaporkan Direktur Diplomasi Publik Kemenlu Al Busya Basnur, sejak dimulainya BSBI 2013, telah dihasilkan 588 alumni yang tersebar di 58 negara. Mereka sampai sekarang turut mempromosikan Indonesia melalui berbagai kegiatan seni budaya di negaranya. BSBI 2015 diikuti sepuluh Negara antara lain Korea Selatan, Thailand,Timor Leste , Tiongkok, Vietnam, Malayasia. Dan Indonesia.