Pembukaan KKN Internasional di Kantor Kelurahan Giwangan

  • 12 March 2015 , 12:00 AM
  • Oleh : Ritta Humas
  • 963
UPN VETERAN Yogyakarta

Pembukaan KKN Internasional  diselenggarakan di kantor kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta pada hari Rabu 11 Maret 2015. KKn internasional tersebut diikuti sebanyak 24 mahasiswa Singapore Polytechnic (SP) dan Mahasiswa UPN “veteran” Yogyakarta, mereka akan belajar tentang seni dan budaya di Kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta bersama 11 mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’ Yogyakarta.

Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UPN ‘Veteran’ Yogyakarta dalam pembukaan KKN Internasional di Kelurahan Giwangan, Rabu (11/3) mengatakan, khusus mahasiswa dari Singapura hanya tinggal selama dua pekan. Sedangkan mahasiswa UPN ‘Veteran’ Yogyakarta selama sebulan. Jika dalam KKN sebelumnya, mahasiswa memiliki program dulu untuk selanjutnya diterapkan ke masyarakat.

“Kini peserta KKN menggunakan pola pikir melihat dulu apa yang dibutuhkan masyarakat. Usulan kegiatan berdasarkan kondisi yang ada di masyarakat tempat mereka tinggal. Untuk selanjutnya dikembangkan bersama – sama masyarakat setempat,” katanya.

Dikarenakan lama tinggal mahasiswa Singapura hanya dua pekan, kegiatan kelanjutan yang diprogramkan selanjutnya akan diteruskan oleh mahasiswa UPN.

Wilson salah satu mahasiswa Singapura mengaku, baru sekali datang ke Indonesia. Meski begitu dirinya sudah tertarik dengan kebudayaan masyarakat setempat. Apalagi kedatangan dia dan teman – teman langsung disuguhi dengan kesenian gejog lesung.

“Musiknya bagus. Iramanya sepat. Saya tertarik untuk mencoba,” ujarnya.

Previous Next